Editorial: Pengembangan Wisata Bawean Masih Setengah Hati

0
845 views
Senja di Pulau Bawean (Foto: Ghiast)
Pemandangan sunset di Pulau Bawean, Gresik. (Foto: BG/Ghiast)

BeritaGresik.com – Tak diragukan lagi jika Pulau Bawean memiliki segudang potensi wisata alam yang sangat menakjubkan. Namun, pengembangan pariwisata di pulau berpenduduk sekitar 70 ribu jiwa itu dinilai masih setengah hati.

Pada 2014 yang lalu sempat terdengar jika Pulau Bawean tengah dicanangkan sebagai Bali-nya Jawa Timur. Namun, kabar tersebut seolah hilang begitu saja, dan tak pernah ada upaya pengembangan objek wisata di Pulau Bawean.

Keelokan Pulau Bawean sepertinya tak berbanding lurus dengan upaya promosi yang dilakukan pemerintah. Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Pulau Putri itu justru lebih banyak mengenal wisata Bawean dari media sosial.

Beberapa waktu yang lalu, Pj Bupati Gresik Akmal Boedianto melakukan kunjungan perdananya ke Bawean sejak ditetapkan menjadi Pj Bupati Gresik. Di sela kunjungannya, Akmal sempat berkunjung ke bebepara spot wisata Bawean.

Akmal menilai, potensi wisata di Bawean sangat potensial untuk dikembangkan, terutama jika didukung oleh sarana dan prasarana lainnya seperti beroperasinya lapter dan pelayanan publik lainnya seperti layanan kesehatan dan lainnya.

Dia bahkan berjanji selama menjabat sebagai Pj Bupati Gresik pihaknya akan berupaya mengembangkan Pulau Bawean, termasuk membangun destinasi wisata yang ada. Janji ini tentu membuka harapan bagi pengembangan wisata Bawean.

‚ÄúTadi keliling kita melihat potensi wisata, nanti kita akan usahakan untuk kita kembangkan dan membangun destinasi wisata yang ada di sini. Bawean ini luar biasa bukan hanya untuk Gresik, bahkan Jawa Timur”, tutur Akmal.

Tapi, masyarakat Bawean bukan hanya butuh janji, mereka tentu ingin upaya pengembangan potensi wisata Bawean benar-benar terealisasi, sehingga memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan warga setempat. [as]