Ribuan Peziarah Padati Makam Sunan Giri di Hari Maulid

0
341 views
Makam Sunan Giri di Kebomas, Gresik. (Foto: Muty Ismail)

BeritaGresik.com – Libur Maulid Nabi Muhammad SAW dimanfaatkan sebagian masyarakat muslim untuk berkunjung atau berziarah ke makam Sunan Giri di Bukit Giri, Desa Giri, Kebomas, Kabupaten Gresik.

Pantauan di lapangan, Senin (12/12/2016), ribuan warga tanpak memadati objek wisata religi makam Sunan Giri. Mereka tak hanya terdiri atas masyarakat Gresik, tapi berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Salah seorang penjaga makam, Abdul Hadi mengungkapkan, pada hari biasa jumlah pengunjung sekitar 3.000-5.000 orang. Jumlah itu bisa meningkat hingga tiga kali lipat pada hari libur Islam seperti sekarang ini.

Selain membaca doa, para pengunjung juga mengaji. “Memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Sekaligus ikut mendoakan,” kata salah satu pengunjung, Mohammad Suhadi, kepada wartawan.

Pada hari libur seperti sekarang ini, jumlah pengunjung diperkirakan mencapai 25 ribu hingga 30 ribu dalam sehari. Selain ziarah ke makam Sunan Giri, pengunjung juga berziarah ke makam Sunan Malik Ibrahim. (as/amn)