Pemerintah Matangkan Persiapan Sail Indonesia 2018 di Pulau Bawean

Wabup Gresik Moh. Qosim menyerahkan souvenir khas bawean berupa odheng, tas dan tikar pandan buatan Bawean kepada Dr. Indroyono Soesilo, Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari. (Foto: Istimewa)

BeritaGresik.com – Pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman terus malakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik terkait persiapan Sail Indonesia 2018 di Pulau Bawean, Gresik.

Berbagai persiapan itu dibahas dalam rapat koordinasi yang dipimpin Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Indroyono Soesilo di Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Jakarta, Senin (9/4/2018).

Rapat tersebut dihadiri Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim, Direktur Utama Airfast Indonesia, Kepala Dinas Pariwisata Gresik, Kepala Bapelitbangda Gresik, Perwakilan Masyarakat Bawean, serta Tim Percepatan Homestay dan Bidang II TPPWB.

Menurut Ahmad Najid, tim dari Kemenko Maritim, rapat waktu itu digelar dalam rangka menjadikan Kabupaten Gresik, sebagai destinasi bahari, serta mempersiapkan Bawean sebagai salah satu destinasi reli kapal layar Indonesia.

Rapat koordonasi di Kantor Kemenpar terkait persiapan Sail Indonesia 2018 di Pulau Bawean, Gresik. (Foto: Istimewa)

Even ini untuk menjadikan Gresik sebagai destinasi Bahari dan persiapan Bawean sebagai lokasi singgah lewat Wonderful Sail to Indonesia 2018 yang dimulai dari Australia dan New Zealand,” kata Najid.

Menurut pria kelahiran Bawean tersebut, rapat koordinasi juga membahas tentang pentingnya komitmen Pemkab Gresik dalam menyukseskan even Internasional Wonderful Sail to Indonesia in Bawean 2018 pada 2-5 Oktober 2018 mendatang.

“Untuk itu, penting segera dibuat surat secara resmi yang ditujukan kepada Menteri Pariwisata Republik Indonesia yang berisi tentang dukungan untuk mensukseskan Sail To Indonesia Bawean 2018,” terangnya.

Selain itu, dalam waktu dekat juga penting segera menyelenggarakan Forum Group Discussion (FGD) dan Acara Grand
Launching Sail To Indonesia 2018, yang berlokasi di Pemerintah Daerah Kabupaten
Gresik, Provinsi Jawa Timur.

Poin penting lainnya, mempromosikan penyelenggaraan Sail To Indonesia Bawean lewat media cetak, elektronik dan online, baliho, spanduk, videotron, dan publikasi lainnya.

Rapat koordinasi pemerintah pusat dengan Pemkab Gresik tersebut menghasil sejumlah keputusan. Pertama, Bawean akan menjadi salah satu destinasi reli kapal layar Wonderful Sail to Indonesia
2018, pada tanggal 2-5 Oktober 2018.

Kedua, aksesibiltas menuju Bawean melalui jalur udara akan ditingkatkan dengan menambahkan frekuensi penerbangan perintis dari Surabaya yang saat ini tiga kali menjadi empat kali dalam satu minggu.

Ketiga, dalam rangka kegiatan Sail to Indonesia in Bawean 2018, pemerintah daerah Kabupaten Gresik diharapkan dapat segera mempersiapkan daerahnya dengan
membentuk tim panitia yang melibatkan seluruh stakeholders terkait.

Persiapan yang diperlukan untuk kegiatan tersebut antara lain infratruktur, koneksi internet (wifi), rundown acara dan keikutsertaan perwakilan daerah dalam kegiatan promosi di New Zealand.

Terakhir, Pemerintah Daerah Kabupaten Gresik diminta segera melakukan pengembangan homestay. Terkait hal itu, kegiatan promosi daerah akan didukung oleh Kementerian Pariwisata. (as)

No Response