Pesona Alam Tersembunyi di Atas Bukit Balikterus Bawean

0
977 views
Bukit Balikterus Bawean. (Foto: BG/Abr)
Bukit Balikterus Bawean. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Menakjubkan, itu mungkin kata yang tepat saat melihat indahnya panorama alam di atas bukit Balikterus di Pulau Bawean. Bukit ini terletak di desa Balikterus, Kecamatan Sangkapura Bawean, Kabupaten Gresik.

Karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk berkunjung ke salah satu perkampungan di kawasan pedalaman Pulau Bawean ini. Apalagi posisinya yang berada tepat di tengah-tengah pulau yang dijuluki “Pulau Putri” itu.

Wilayah perbukitan itu berada tak jauh dari pemukiman warga. Hanya butuh waktu sekitar 30 menit saja untuk mencapai puncaknya, dengan berjalan kaki. Bukit ini berada di ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut.

Dari puncak bukit, kita akan disuguhi panorama alam pegunungan yang begitu mempesona. Bukit-bukit yang berjejer di sekelilingnya semakin menambah keasrian kawasan perbukitan tersebut.

Dari puncak bukit Balikterus, Anda juga bisa melihat secara langsung indahnya pantai Pulau Noko dan birunya hamparan sawah. Dan tentunya lokasi ini juga sangat tepat bila kita ingin melihat indahnya sunrise di pagi hari.

Warga sekitar selalu menggunakan lokasi ini untuk bermain baling-baling kayu di saat terang bulan, sebuah permainan tradisional yang berjalan secara turun-temurun. Permainan itu masih tetap lestari hingga saat ini.

Bermain baling-baling kayu dari Puncak bukit Balikterus dirasa sangat menyenangkan, karena udaranya yang sangat kencang, saking kencangnya putaran baling-baling kayu tersebut akan menghasilkan bunyi cukup kuat.

Jika Anda tertarik datang ke tempat ini, jangan lupa persiapkan bekal dan camera Anda, karena sayang bila tidak diabadikan saat Anda berada di puncak Bukit Balikterus. (abr)