Warga Pulau Gili Bawean Nikmati Berkah Pariwisata

0
2,112 views
Wisatawan sedang asyik menikmati keindahan pantai pulau Gili Noko. (Foto: BG/Abr)
Wisatawan sedang asyik menikmati keindahan pantai pulau Gili Noko. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Warga di sekitar Pulau Gili Noko, Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, menikmati berkah secara ekonomi setelah kawasan tersebut ramai dikunjungi wisatawan.

Antusiasme wisatawan berkunjung ke Noko belakangan ini mulai dirasakan dampaknya bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat. Berkah itu salah satunya dapat dirasakan langsung oleh pasangan suami istri Pak So dan Ibu Siti.

Warga Gili Timur desa Sidogedungbatu kecamatan Sangkapura itu mengaku pendapatannya kian meningkat tajam sejak pantai Noko ramai dikunjungi. Bahkan, setiap hari depot Bu Siti diakui nyaris tak pernah sepi dari pengunjung.

Ibu Siti, warga Gili yang membuka usaha di kawasan wisata bahari pulau Gili Noko. (Foto: BG/Abr)
Ibu Siti, warga Gili yang membuka usaha di kawasan wisata bahari pulau Gili Noko. (Foto: BG/Abr)

“Alhamdulillah dek, setiap hari selalu saja ada yang mampir di sini. Menu yang paling laris itu udang lobster, mereka memilih sendiri di situ, udang yang masih hidup,” jelas Siti sambil menunjuk penangkaran udang lobster miliknya.

Depot Bu Siti berada tepat di tepi pantai Pulau Gili. Di tempat itu, dia berjualan aneka makanan laut (seafood). Kepada reporter beritagresik.com, pada Selasa (10/5/2016), istri Pak So ini bercerita banyak sejarah awal merintis usahanya.

“Dulu saya hanya jualan rujak, bakso dan jajan di samping rumah. Semua bahan saya beli dari pasar yang ada di desa Daun dan Pamona. Setiap hari saya selalu begitu, itu sudah saya lakukan bertahun-tahun,” kenang Ibu Siti.

(Foto: BG/Abr)
(Foto: BG/Abr)

Namun sejak ramai kunjungan wisata ke Pulau Noko, dia dan suaminya pindah berjualan di daerah pantai Pulau Gili, tepat di pintu gerbang kedatangan wisatawan. Menu yang disediakan mulai beragam, seperti lobster dan kepiting.

Dia menambahkan, banyak wisatawan yang umumnya dari luar Pulau Bawean membeli udang lobster untuk oleh-oleh buat keluarganya.¬†“Biasanya wisatawan terutama yang dari Jawa,” pungkas. (abr)