Telaga Ngipik Tawarkan Kesejukan di Tengah Kota Industri

0
843 views
Telaga Ngipik Gresik (Foto: gresikkab.go.id)
Telaga Ngipik Gresik (Foto: gresikkab.go.id)

BeritaGresik.com – Anggapan sebagai kota industri yang panas dan sumpek kerap tergambar dipikiran masyarakat luas jika mendengar Kabupaten Gresik. Wajar, anggapan itu terbentuk karena banyaknya industri dan pabrik berdiri di Kota Santri ini.

Tapi jangan psimistis dulu, karena ternyata di balik anggapan itu ada satu lokasi wisata yang wajib anda kunjungi jika singgah di Gresik. Tempat itu adalah Taman Wisata Giri Wana Tirta atau lebih dikenal dengan Telaga Ngipik.

Salah satu destinasi wisata alam di Kabupaten Gresik ini menawarkan kesejukan dan kenyaman bagi setiap yang berkunjung. Tak hanya itu, tempat ini juga sangat cocok untuk mengusir penat, terutama pada saat pagi atau sore hari.

Lokasi Telaga Ngipik tidak jauh dari pusat Kota Gresik (Alun-alun). Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 1,5 km ke arah barat Alun-alun Kota Gresik, tepatnya terletak di Jalan Siti Fatimah Binti Maimun.

Di pinggir kawasan telaga terdapat warung-warung sederhana yang bisa dijadikan pilihan sebagai tempat nongkrong sambil memandangi air telaga. Pengunjung dijamin bakal betah untuk berlama-lama di Telaga Ngipik.

Tak hanya itu saja, lokasi Telaga Ngipik juga tepat dijadikan pilihan bagi Anda yang gemar memancing, baik itu bersama, teman, pasangan atau keluarga. Telaga Ngipik juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk latihan ski air.

Telaga Ngipik punya sejarah tersendiri, tempat ini tidak lantas terbentuk begitu saja. Berdasarkan informasi yang kami himpun, tempat wisata ini semula bekas lokasi penambangan untuk keperluan bahan baku produksi semen.

Setelah dilakukan eksploitasi tanah dengan cara mengambil pasir dan batu yang terdapat di tempat itu hingga terbentuk lubang seluas 20 hektare dalam waktu yang singkat. Kemudian, lubang tersebut difungsikan menjadi Telaga Ngipik.

Nama ngipik diambil karena letaknya berada dalam wilayah Desa Ngipik, sehingga masyarakat pun menyebutnya Telaga Ngipik, Gresik. Saat ini wisata Telaga Ngipik sudah menjadi salah satu sumber pemasukan daerah di sektor pariwisata. [zr]