Ghusong, Kepingan Surga yang Tersembunyi di Pulau Bawean

0
2,592 views
Ghusong Bawean (Foto: Gias)
Ghusong Bawean (Foto: Gias)

BeritaGresik.com – Mengeksplorasi spot-spot wisata alam di Pulau Bawean seperti tak ada habisnya. Ya, pulau yang masuk dalam wilayah Kabupaten Gresik ini memang dianugerahi keindahan alam yang sungguh luar biasa.

Selain Pulau Noko Selayar, Danau Kastoba, Tajunggaan dan beberapa destinasi wisata alam menarik lainnya, belakangan ini salah satu spot wisata di Pulau Bawean yang mulai menarik perhatian para wisatawan adalah “Ghusong”.

Ghusong merupakan gugusan atau gundukan pasir putih dan bersih yang terbentuk karena adanya proses sedimentasi laut sehingga terjadi pendangkalan secara alamiah, bahkan membentuk sebuah daratan kecil.

Selain pasirnya yang putih bersih, Ghusong juga dikelilingi dengan terumbu karang yang indah. Alam bawah laut di Ghusong  menyuguhkan panorama yang eksotis. Layak untuk dikunjungi terutama bagi para penghobi snorkling.

Gundukan pasir putih di tengah laut Pulau Bawean. Warga setempat menyebutnya "Ghusong" (Foto: Gias)
Gundukan pasir putih di tengah laut Pulau Bawean. Warga setempat menyebutnya “Ghusong” (Foto: Gias)

Untuk bisa sampai ke Ghusong, pengunjung ganya butuh waktu sekitar satu jam perjalanan dari Pulau Gili Timur atau dua jam perjalanan jika ditempuh lewat desa Kepuh Teluk dengan menggunakan perahu nelayan.

Sensasi lainnya ketika berada di Pulau Ghusong, Anda serasa berjalan terapung di tengah lautan, karena untuk bisa sampai di Ghusong harus melewati laut dalam baru kemudian melihat terumbu karang di sekeliling Ghusong.

“Meski sudah sering mengantar wisatawan kesana, tapi saya masih saja seringkali dibuat terpesona oleh pemandangan di Ghusong, benar-benar indah”, jelas Gias salah seorang pemandu wisata di Pulau Bawean. [abr]