Pulau Bawean, Surganya Bawah Laut Berkelas Dunia

0
3,300 views
Pulau Bawean (Foto: @KelilingBawean/Twitter
Pulau Bawean (Foto: @KelilingBawean/Twitter)

BeritaGresik.com – Sebagai salah satu tujuan wisata di Jawa Timur, Gresik, Pulau Bawean tak hanya menawarkan pesona alam pegunungan dan pantai saja. Bawean juga dianugerahi surganya keindahan bawah laut yang berkelas dunia.

Bagi para penikmat wisata bawah laut, keindahan terumbu karang yang terdapat di laut Bawean bisa menjadi salah satu tujuan alternatif hobby snorkling anda. Sebab, alam bawah laut Pulau Bawean dipenuhi karang dan ikan hias warna-warni.

Salah seorang nelayan Pulau Gili Timur Bawean, Dasuli, menuturkan belakangan ini kegiatan snorkling dan diving di perairan pulau yang dikenal dengan sebutan Pulau Putri ini mulai banyak diminati wisatawan, khususnya di sekitar Pulau Gili.

“Sekarang hampir tiap hari selalu ada saja orang yang minta diantar ke tempat menyelam, baik itu orang Bawean sendiri, tapi yang banyak pendatang dari luar,” kata Dasuli kepada BeritaGresik.com di Bawean, Kamis (05/11/2015).

Foto: @KelilingBawean/Twitter
Foto: @KelilingBawean/Twitter

Dia menyebutkan, ada 4 titik spot snorkling di kawasan Gili Timur yang menjadi idola wisatawan dengan kedalaman 1 hingga 10 meter. Spot-spot tersebut sudah sangat familiar bagi pecinta snorkling atau diving karena terumbu karangnya yang indah.

Untuk mencapai spot snorkling dan diving di kawasan timur Pulau Bawean, hanya butuh waktu sekitar 1 jam perjalanan laut dengan perkiraan jarak sekitar 1 mil dari Pulau Gili timur. “Tempat menyelam tidak jauh, sekitar 1 mil saja dari Gili,” pungkas Dasuli. [abr]