Ini Catatan Wisatawan Inggris Saat Berkunjung ke Pulau Bawean

Salah satu peserta Sail Indonesia 2018 saat berada di Pulau Bawean Gresik. (Foto: BG/Abr)

BeritaGresik.com – Momen Wonderfull Sail to Indonesia 2018 mampu menyedot wisatawan manca negara untuk singgah di Pulau Bawean, Gresik. Selama di Bawean, mereka tanpak begitu menimati keindahan alam dan budaya masyarakat setempat.

Sindy, salah seorang wisatawan asal Inggris dalam perbincangan singkat dengan BeritaGresik, Rabu (4/10/2018), menilai, Bawean memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi pulau tujuan wisata. Apalagi posisi Pulau Bawean berada tak jauh dari jalur perlintasan kapal-kapal turis dari Bali yang akan menuju Kalimantan dan Singapore.

Tak hanya itu, lanjut Sindy, Bawean sangat indah dengan penduduknya yang dinilai sangat ramah mampu menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan asing.

Salah satu wisatawan mancanegara bercengkrama dengan masyarakat di Pulau Bawean Gresik. (Foto: BG/Abr)

Akan tetapi, ia memberikan sejumlah catatan penting yang menurutnya perlu untuk dibenahi agar pulau Bawean bisa menjadi lebih menarik lagi.

1. Jaga Kebersihan Pantai

Ia menyarankan agar masyarakat Bawean menjaga kebersihan pantai agar wisatawan betah berlama-lama menikmati keindahan pantai yang bersih dari sampah, terutama sampah botol dan plastik. Sebab selain dapat merusak indahnya pemandangan, sampah botol sangat berbahaya bila terinjak kaki.

2. Biarkan Tetap Alami

Menurut Sindy, wisatawan asing lebih menyukai panorama alam yang alami ketimbang pemandangan yang dipoles secara berlebihan sehingga menghilangkan suasana alaminya itu sendiri. “Keep in Natural and no development,” tuturnya dalam bahasa Inggris.

3. Asah Kemampuan Bahasa Inggris

Kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris warga Bawean juga menjadi catatan Sindy, dia melihat saat ini sangat minim sekali warga Bawean yang menguasai bahasa Inggris dengan baik.

Sebab, kata Sindy, tidak mustahil suatu saat akan semakin banyak wisatawan asing yang akan berkunjung ke Bawean, apalagi momen Wonderfull Sail tahun ini Pulau Bawean dijadikan salah agendanya untuk dikunjungi.
“Wonderfull sail to wonderfull island, Bawean very nice,” pungkasnya. (abr)

No Response