Desa di Bawean Serius Garap Sektor Pariwisata

0
718 views
Pembangunan kolam air panas di desa Kepuhlegundi Bawean. (Foto: Abr)
Pembangunan kolam air panas di desa Kepuhlegundi Bawean. (Foto: Abr)

BeritaGresik.com – Sadar akan potensi pariwisata yang dinilai menjanjikan, sejumlah desa di Pulau Bawean tanpak mulai berbenah. Langkah itu salah satunya dilakukan desa Kepuhlegundi kecamatan Tambak Bawean, Gresik.

Saat ini desa Kepulegundi terlihat mulai serius menggarap sektor wisata yang ada di desa tersebut. Sejumlah tempat wisata yang dibenahi dan ramai dikunjungi warga di antaranya Sumber Air Panas, Goa Nganga dan Air Terjun Lantong.

Ditemui disela-sela pengerjaan kolam air panas, Rabu (4/5/2016), Sekretaris desa Kepuhlegundi, Miswaki, menuturkan saat ini pemandian air panas dibangun menjadi tiga kolam lengkap dengan ruang ganti dan saluran pembuangan air.

Air Terjun Lantong. (Foto: BG/Abr)
Air Terjun Lantong. (Foto: BG/Abr)

“Saat ini kita masih fokus pada kolam air panas dulu, kalau sudah dibangun menjadi tiga kolam, dari sumber utama dialirkan ke kolam kedua dan selanjutnya ke kolam ke tiga, sehingga suhu air berbeda-beda,” terang Miswaki.

Dia berharap pembangunan sejumlah destinasi wisata yang ada di desanya mampu mendongkrak Pendapatan Asli Desa (PAD), serta mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Harapan kita tentunya sektor pariwisata di Kepuhlegundi bisa menambah PAD dan tentunya menambah kesejahteraan masyarakay juga,” harapnya.

Gowa Nganga. (Foto: BG/Abr)
Gowa Nganga. (Foto: BG/Abr)

Selain sumber air panas, kata Miswaki, desa Kepuhlegundi memiliki beberapa obyek wisata lainnya yang dapat dikembangkan dan dipromosikan, seperti obyek wisatavGoa Nganga, Air Terjun Lantong, serta wisata pantai.

“Banyak yang bisa dikembangkan di sini, ada air terjun, Goa Nganga bahkan pantainya juga bagus. Semuanya sudah terkonsep, tinggal penggarapannya secara bertahap, sekarang sumber air panas dulu,” pungkasnya. (abr)