5 Kuliner yang Wajib Dicoba di Gresik

0
2,464 views
Kuliner khas Gresik
Kuliner khas Gresik

BeritaGresik.com – Kabupaten Gresik, Jawa Timur tak hanya terkenal dengan kota industri saja. Di bslik itu, ada beragam jenis kuliner khas yang wajib dicicipi jika berkunjung ke Kota Santri ini.

Berikut lima kuliner khas Makassar yang BeritaGresik.com himpun untuk referensi Anda saat berwisata kuliner di Gresik.

1. Nasi Krawu

nasi-krawu-khas-gresik-640x426

Nawu Krawu merupakan kuliner khas Gresik yang keberadaannya sudah cukup populer. Konon, nasi krawu ini dibawa oleh orang-orang Madura yang kemudian menetap di Kota Gresik.

Campuran lauk nasi krawu terdiri atas daging suwir, serundeng, dan sambel petis belacan. Ada pula tambahannya yaitu bali belut, bali tahu, babat goreng, babat bumbu kecap, usus goreng, paru goreng, dan semur usus sapi.

Bali belut dan semur usus sapi menjadi ciri khas nasi krawu asli. Dua lauk tambahan ini hanya bisa ditemui di rumah makan tertentu yang penjualnya memang asli dari Madura.

Ciri khas lainnya ada pada poya merah dan kuning serta mangut. Poya kuning memiliki rasa manis sedangkan poya merah rasanya pedas. Mangut adalah parutan kelapa yang dicampur dengan kluwek.

2. Sego Roomo

sego-rumo-khas-gresik-1-640x404

Komponen bumbu kuliner khas Gresik ini lebih mirip Sate Padang atau Lontong Manggul dari Madura. Namun, Sego Roomo memiliki cita rasa tersendiri. Jika dicoba, tentu Anda akan merasakan perbedaan yang ada pada Sego Roomo.

Umumnya penjual Sego Roomo memakai lontong. Lalu di atasnya dipasangi lauk sayur koya dan krupuk kulit sapi. Biasanya Sego Roomo disajikan dengan menggunakan daun pisang, sehingga menambah rasa gurih tak tertahankan.

3. Jubung

jubung-makanan-khas-gresik-640x394

Jubung merupakan jajanan yang terbuat dari ketan hitam yang ditaburi wijen. Jubung ini ditempatkan dalam jubung atau selongsong warna putih kecoklatan yang terbuat dari kulit pohon pinang.

4. Bonggolan

bonggolan-makanan-khas-gresik-1-640x393

Bentuk Bonggolan hampir menyerupai lemper. Ada juga yang bilang makanan ini mirip pempek. Namun, makanan asli Kota Santri ini memiliki ciri khas tersendiri, serta aroma khas ikan yang sedap.

Makanan Bonggolan dibuat dari bahan dasar berupa ikan mentah, tepung kanji, bawang putih, garam dan penyedap rasa. Kemudian diolah menggunakan air panas.

5. Otak Otak Bandeng

otak-otak-bandeng-khas-gresik-1-640x406

Otak-otak bandeng ini dibuat dari ikan bandeng yang dagingnya sudah dipisah dari kulitnya. Dagingnya dihaluskan terlebih dahulu, lalu diberi bumbu khas sebelum dimasukkan lagi ke badan ikan. Setelah itu, ikan dikukus hingga matang. (as)