Gurihnya Empek Empek Khas Bawean

0
1,656 views
Empek Empek, salah satu makanan khas Pulau Bawean. (Foto: Dok. BG)
Empek Empek, salah satu makanan khas Pulau Bawean. (Foto: Dok. BG)

BeritaGresik.com – Rasanya tak lengkap jika tak mencicipi aneka ragam kuliner saat berkunjung ke Pulau Bawean. Salah satu makanan favorit yang bisa dijumpai di Pulau Putri ini (panggilan lain Pulau Bawean) adalah Empek Empak.

Makanan yang satu ini memang tanpak menyerupai Empek Empek Palembang. Keduanya bisa dibilang serupa tapi tak sama. Empek Empek Bawean tentunya memiliki ciri khas atau rasa tersendiri.

Di Pulau Bawean, Empek Empek diolah dari bahan baku ikan laut. Tidak hanya Empek Empek, di sini hampir semua jenis makanan khas itu berbahan baku ikan laut. Sebab, ikan laut termasuk penghasil utama masyarakat setempat.

Tapi perlu diketahui juga, di Bawean ada juga makanan yang rasa dan bentuknya mirip Empek Empek, warga setempat menyebutnya Koncok Koncok. Kedua makanan itu dibuat dari bahan baku yang sama, yakni ikan laut dan tepung.

Bedanya, jika Empek Empek langsung digoreng, sedangkan Koncok Koncok dikukus terlebih dulu sebelum dipotong-potong dan digoreng. Soal rasa, Anda tak perlu khawatir, dijamin bakal buat lidah ketagihan. Apalagi kalau dimakan tak lama setelah digoreng, sangat gurih.

Empek Empek dapat dijumpai di pasar-pasar atau di rumah-rumah warga. Tapi, produksi makanan Empek Empek sangat tergantung pada keberadaan ikan laut. Jika pas lagi musim ikan, Empek Empek dan Koncok Koncok mudah dijumpai.

Penasaran? Jika Anda berkunjung ke Bawean, silahkan sempatkan diri untuk berburu kuliner khas Bawean, termasuk Empek Empek atau Koncok Koncok. Untuk Empek Empek, ada juga yang dibuat dalam bentuk kering. Biasanya dijadikan oleh-oleh buat keluarga. (as)