Meriahnya Pasar Rakyat dan Festival Durian di Gresik

Wabup Gresik Moh. Qosim saat menghadiri pasar rakyat dan festival durian di Jalan Jakarta, GKB Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Meski baru pertama kali diselenggarakan, kegiatan pesta rakyat dan festival durian yang diadakan Pemkab Gresik ini tanpak sangat meriah. Sejak awal dibuka, acara yang berlangsung di sepanjang jalan Jakarta GKB (Gresik Kota Baru) itu diserbu ribuan pengunjung yang datang dari Gresik maupun luar daerah.

Tak kurang dari 180 stand Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) menjual produknya dalam acara yang berlangsung mulai 24 hingga 31 Maret 2018 tersebut.

Dalam kegiatan ini, berbagai jenis buah durian dengan harga yang sangat murah juga ikut meramaikan pasar rakyat yang diadakan untuk menyemarakkan Hari Jadi Pemkab Gresik yang ke-44 sekaligus Hari Jadi kota Gresik yang ke-531.

Kholis (35), warga asal Lamongan rela datang ke pasar rakyat di GKB bersama istri dan kedua anaknya. Ia mengaku penasaran dan tertarik dengan acara yang diikuti sejumlah pedagang durian dan menjualnya dengan harga yang murah.

“Saya dan istri penasaran, makannya kami datang ke tempat ini sejak tadi sore. Kami buktikan dan memang betul, durian-duriannya sangat murah dan sangat manis rasanya,” ujar Kholis yang datang bersama istri dan kedua anaknya.

Sementara itu, Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim saat membuka festival pasar rakyat sekaligus ngopi bareng masyarakat mengatakan, pihaknya ingin agar promosi terhadap produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM terus digencarkan.

Dengan begitu, diharapkan produk UMKM di Gresik semakin dikenal, sehingga dalam waktu jangka panjang dapat memperluas jangkauan pemasaran.

“Produk UMKM kita cukup bagus dan bermacam-macam, saya rasa sangat layak bersaing di pasar. Kalau promosinya dilakukan secara gencar dan profesional, saya yakin akan semakin meningkatkan pemasaran produk,” ujar Qosim, Sabtu (24/3/2018).

Dengan adanya media promosi serta peningkatan pemasaran, nantinya diyakini akan berdampak pada peningkatan perekonomian para pelaku usaha.

Qosim menambahkan, kegiatan itu bertujuan untuk memperkenalkan sekligus menjual produk UMKM melalui festival pasar rakyat secara periodik.

“Kegiatan semacam ini sangat bagus untuk dilaksanakan secara periodik. Agar para pelaku UMKM memiliki kesempatan untuk mempromosikan produk-produknya kepada masyarakat,” imbuhnya. (iis/as)

No Response