Nasi Roomo, Kuliner Gresik yang Mulai Langka

0
743 views
Nasi (Sego) Roomo. (Foto: gresikkab.go.id)
Nasi (Sego) Roomo. (Foto: gresikkab.go.id)

BeritaGresik.com – Bicara kuliner khas Gresik sebagia orang masih tertuju pada nasi Krawu dan Pudak. Padahal, Gresik memiliki segudang daftar kuliner yang belum banyak diketahui orang, salah satunya adalah “Nasi (Sego) Romoo”.

Keberadaan kuliner khas Kota Santri ini memang mulai sulit dijumpai, tak seperti nasi Krawu yang mudah ditemukan di beberapa tempat di Kota Gresik. Karena sampai sekarang masih relatif banyak warga yang menjajakan nasi tersebut.

Nasi Roomo merupakan masakan atau kuliner asli buatan Gresik. Sebagian orang di Kota Wali ini menyebutnya Sego Roomo atau Bubur Roomo. Disebut bubur karena memang bentuknya yang hampir mirip atau menyerupai bubur.

Penyajian nasi Roomo itu punya cara sendiri, nasi atau kupat diletakkan pada takir dan diratakan, lalu diberi bubur. Sebelum disirami bubur di atas nasi ditaburi oleh ayuran hijau atau kerupuk, bisa kerupuk udang atau kulit (rambak).

Nasi Roomo ternyata memiliki cerita yang cukup panjang. Konon ada salah seorang wanita setengah baya yang kebingungan menghidupi keluarganya di Desa Roomo, yakni salah satu wilayah di Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik.

Wanita itu kemudian bertemu dengan salah srorang wali. Lalu wanita iti diberi saran untuk menjual desanya. Wanita tersebut merasa kebingungan dan dala hati bertanya-tanya apa maksud dari ucapan sang wali “menjual desa”.

Wanita ini akhirnya mengerti dengan perkataan wali itu. Lalu dia menjual nasi aneh yang sekarang dikenal oleh warga dengan Nasi Roomo. Racikan bumbu dalam makanan nasi Roomo ini sekilas terlihat mirip seperti Sate Padang.

Meski mirip, nasi Roomo memiliki cita rasa tersendiri. Rasanya enak dan gurih, serta bisa bikin Anda ketagihan dengan sensasi rasa khas kota pesisir Gresik. (as)