Kenalkan Kuliner Khas Gresik, Pemkab Gelar Lomba Bandeng Kropok

0
920 views
Ilustrasi kuliner bandeng
Ilustrasi kuliner bandeng

BeritaGresik.com – Pemkab Gresik akan menyelenggarakan lomba masakan Bandeng Kropok khas Gresik. Lomba ini digelar untuk mempernalkan kuliner tradional Gresik ke tingkat nasional.

Lomba masakan bandeng yang akan dilaksanakan di Gelora Joko Samudro (GJS) pada Minggu, 30 Oktober 2016 mendatang ini mentargetkan sebanyak 50 peserta beregu atau perwakilan.

“Kami akan mempertandingkan peserta dari kelompok perwakilan kecamatan se-Kabupaten Gresik dengan kelompok peserta dari perhotelan, rumah makan dan restoran di Gresik,” ujar Kabag Humas Suyono, Jum’at (21/10/2016).

Menu masakan Bandeng Kropok khas Gresik dipilih dalam lomba yang digelar pertama kalinya ini, karena masakan pesisir ini sangat lekat dengan produk unggulan Gresik, yaitu ikan bandeng.

Saat ini bahkan lahan perikanan di Gresik mencapai 32 ribu hektar dengan perhitungan 79 ribu ton pertahun untuk hasil budidaya perikanan (tambak).

“Dari jumlah tersebut, komoditi terbesar adalah produk ikan bandeng. Jadi lomba ini murni untuk meningkatkan nilai ekonomi masyarakat,” terang Suyono.

Menu Bandeng Kropok khas Gresik yang berbumbu petis warna hitam nantinya akan diramu dengan ciri khas masing-masing. Seperti peserta dari Kecamatan Ujungpangkah misalnya, mereka akan mengandalkan petis yang lezat.

Lomba ini akan memperebutkan juara 1, 2 dan 3 dengan hadiah berupa piala, piagam yang ditandatangani Bupati Gresik serta uang pembinaan. (sdm/as)