GP Ansor Bakal Gelar Kursus Kuliner Nusantara di Bawean

0
105 views
Kursus Kuliner Maritim Nusantara di Pulau Bawean. (Foto: Nusantara)

BeritaGresik.com – Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) melalui Ansoruna Bussines School bakal menyelenggarakan kursus kuliner Maritim Nusantara di Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur. Kegiatan ini nantinya akan digelar pada 28-29 Maret 2017.

Ketua Panitia Kursus Kuliner Ibnul Mufid mengatakan, kegiatan pemberdayaan ini untuk meningkatkan produktivitas masyarakat dalam berwirausaha. Kursus juga untuk meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat Bawean dan sekitarnya.

Menurut dia, Pulau Bawean punya potensi sumber daya laut yang sangat besar. Potensi yang ada perlu digali, dikelola dan dioptimalkan dengan baik untuk mendongkrak tingkat kesejahteraan masyarakat yang ada di Pulau Bawean.

“Kursus wirausaha kuliner maritim Nusantara ini bertujuan untuk memberikan wawasan baru bagi masyarakat Jawa Timur, khususnya yang berada di Pulau Bawean,” kata Mufid, Senin (6/3/2017).

Melalui kegiatan ini, Mufid berharap hasil laut di Pulau Bawean nantinya dapat dikelola dengan baik dan memiliki nilai ekonomi tinggi. Event ini sekaligus untuk mepromosikan Pulau awean sebagai destinasi wisata unggulan di Jawa Timur.

Pria kelahiran Bawean itu menjelaskan, sumber penghidupan masyarakat Bawean bertumpu pada hasil laut. Di sisi lain, Pulau Bawean dengan potensi yang dimiliki bisa menarik para investor masuk. Peluang ini harus ditangkap oleh masyarakat Bawean.

Untuk itu, masyarakat Bawean harus mulai menyiapkan diri untuk menghadapi berbagai perubahan yang nanti akan terjadi di Bawean. Terutama putra dan putri daerah asli Bawean, mereka harus lebih peka terhadap perkembangan zaman.

Mufid menambahkan, Pulau Bawean dipilih karena pulau berpenduduk 70 ribu jiwa ini diyakini bakal menjadi destinasi wisata maritim di Tanah Air. Sehingga SDM yang ada di sana perlu disiapkan sejak dini agar bisa menikmati potensi ekonomi yang ada.

“Kegiatan ini dijadikan sebagai langkah awal untuk mengelola semua potensi yang ada di Bawean. Kedepan, kita ingin Pulau Bawean ini menjadi salah satu destinasi wisata maritim unggulan di tanah air,” kata Muhammad Amin, Ketua Bidang Pendidikan dan Tenaga Kerja PP GP Ansor.

Kursus ini diperuntukkan bagi masyarakat umum. Materi kursus meliputi dasar-dasar berwirausaha, pengolahan kuliner maritim tradisional, pengolahan kuliner maritim kontemporer dan Food History. Informasi registrasi bisa lewat website http://bit.do/kkmnu. (as)