Pemkab Gresik Raih 2 Penghargaan Bidang Kesehatan

0
425 views

Pemkab Gresik Raih Penghargaan Bidang Kesehatan

BeritaGresik.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik meraih dua penghargaan tingkat nasional di bidang kesehatan dari Kementerian Kesehatan. Penghargaan diberikan karena Gresik memprioritaskan program kesehatan dalam APBD.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik dr Sugeng Widodo mengatakan, penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek kepada Penjabat Bupati Gresik Dr Akmal Boedianto di Gedung Bidakara, Jakarta.

“Dua penghargaan itu masing-masing adalah Swasti Saba Padapa untuk program Gresik Sehat dan Manggala Karya Bakti Husada untuk program prioritas kesehatan dalam APBD Gresik,” kata Sugeng di Gresik, Senin (30/11/2015).

Dia menjelaskan, dari total APBD Gresik Tahun 2015 yang jumlahnya mencapai Rp2,7 Triliun, sedikitnya 12,5 persen di antaranya atau sebesar Rp291 miliar ditujukan untuk anggaran pembangunan di bidang kesehatan.

“Anggaran yang dikucurkan itu sudah melebihi yang diamanatkan undang-undang, yakni minimal 10 persen dari APBD, sehingga atas dasar itulah pemerintah pusat menganugerahkan dua penghargaan bidang kesehatan,” jelasnya.

Sementara terkait program Gresik sehat yang dicanangkan dikatakan telah dicapai tatanan kawasan permukiman dengan sarana prasarana yang sehat. Selain itu, tatanan kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri juga telah terbentuk.

Sugeng mengungkapkan, anggaran untuk kesehatan terus meningkat dalam setiap tahunnya. Dia mencontohkan pada awal tahun 2010 anggaran kesehatan hanya mencapai Rp28 miliar, lalu meningkat menjadi Rp135,7 miliar pada 2015.

Pembangunan di bidang kesehatan yang sudah dilaksanakan sejak 2010 antara lain pembangunan RS tipe D di Sangkapura Pulau Bawean yang mencapai Rp24 miliar dan pembangunan Gedung Ponek di RS Ibnu Sina Gresik sebesar Rp91 miliar. [zr]