Selama Mudik, Peserta JKN-KIS dapat Dilayani Dimana Saja

0
316 views
BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan

BeritaGresik.com – Sebagai wujud kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta dalam hal pelayanan kesehatan jelang hari raya Idul Fitri 2016, BPJS Kesehatan menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanannya.

Para peserta JKN-KIS yang sedang mudik dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan membawa Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu BPJS Kesehatan, Kartu Askes, Kartu Sehat dan Kartu Jamkesmas.

Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Gresik dan Lamongan, dr Galih Anjungsari mengatakan, peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke kantor cabang BPJS setempat.

Peserta kesehatan dapat langsung mengunjungi IGD rumah sakit terdekat selama mudik berlaku sejak H-7 sampai H+7 lebaran.

“Fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik iuran biaya peserta baik yang sedang sakit saat mudik. Cukup hanya memperlihatkan kartu aktif dan diharap memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar agar kepesertaannya aktif,” tegas dr Galih, Rabu (29/6/2016).

BPJS Kesehatan sendiri mengambil tema Mudik Nyaman bersama BPJS Kesehatan yang merupakan program pusat. Konferensi pers ini dihadiri dengan Dinas Kesehatan, Rumah sakit Ibnu Sina Gresik dan Rumah Sakit Dr Sugiri Lamongan yang dilaksanakan di Aula BPJS Kesehatan jalan Dr Wahidin Sudirohusodo.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, lewat Kasi JPKM Dinas Kesehatan Gresik, Suharijono mengatakan jika menghadapi arus mudik dan arus balik, 16 Kecamatan telah disampaikan melakukan pelayanan 24 Jam mulai tanggal 30 Juni-13 Juli 2016.

Selain itu, dokter puskesmas juga tidak meninggalkan tempat. “Selain Pelayanan Puskesmas, kita juga mendirikan posko di beberapa jalur mudik 8 titik.,” ujarnya. (wan)