Ini yang Terjadi Jika Orangtua Kerap Memukul Anak

0
612 views
Ilustrasi
Ilustrasi

BeritaGresik.com – Mendidik seorang anak remaja memang tidak mudah, terlebih mereka sedang melewati masa transisi dan mencari jati diri. Tidak jarang tindakan yang mereka lakukan bisa memancing kemarahan orangtua.

Kemarahan itu kerap dilakukan dalam bentuk serangan fisik seperti memukul. Lantas apa yang terjadi pada anak jika orangtua punya kebiasaan memahari anaknya dengan cara memukul?

Menurut Psikolog Klinis Remaja, Alzena Masykouri, seharusnya orangtua tinggal memetik buah hasil dididikan yang dilakukan sedari kecil ketika anak sudah remaja (usia 12 tahun).

“Anak sudah punya keteraturan terhadap diri sendiri, kepandaian dalam mengatur tugas sudah lebih baik, dan mengerti peran sosial di masyarakat,” ujar Alzena dikutip Okezone, belum lama ini.

Jika orangtua masih melayangkan pukulan kepada anak ketika remaja, terang wanita lulusan Universitas Indonesia ini, berarti ada yang salah dengan pola asuhnya sejak kecil.

“Anak remaja berada dalam fase sudah bisa diajak bicara, berdiskusi, dan bertukar pikiran. Bararti kalau masih dipukul, sejak kecil si anak memang di didik dengan cara-cara kasar,” jelasnya. (as)