Cegah Epilepsi Sejak Awal Kehamilan

0
313 views
Ilustrasi ibu hamil
Ilustrasi ibu hamil

BeritaGresik.com – Sederet penyakit ini yakni stroke, diabetes, dan jantung termasuk kategori penyakit yang banyak ditakuti orang. Penyakit tersebut bisa mengancam siapa saja, usia berapa pun dan juga tingkat ekonomi mana pun.

Namun, perlu juga dicatat, selain ketiga penyakit yang disebutkan itu, ada juga penyakit yang dapat menyerang siapa pun. Penyakit ini menyerang tanpa ada peringatan terlebih dulu, yakni epilepsi.

“Tidak ada tindakan yang dapat menghalangi terjadinya epilepsi pada orang dewasa,” kata Irawati Hawari, dokter sekaligus Ketua Umum Yayasan Epilepsi Indonesia di Jakarta, Rabu (23/3/2026).

Menurut Irawati, penyakit epilepsi dapat dicegah sejak bayi masih di kandungan. Orang tua dapat menjaganya agar janin yang ada dalam kandungan tetap sehat. Namun, terkadang seorang ibu tidak menyadari jika dirinya sedang hamil.

“Kadang-kadang ibu juga tak menyadari bahwa dirinya hamil, dan tidak ada yang tahu apakah ada virus atau semacamnya. Jadi pemeriksaan di awal kehamilan itu sangatlah penting,” ucap Ira.

Dia menambahkan, upaya pencegahan epilepsi saat kehamilan ini bisa dicegah dengan menjaga asupan gizi yang tepat.

“Sekarang banyak ibu-ibu yang hamil dan ngidam. Tak perlu sampai begitu, yang penting asupan gizinya saat hamil asupannya harus terjaga dan bergizi,” ujarnya.

Epilepsi atau lebih dikenal dengan ayan atau sawan adalah penyakit yang disebabkan gangguan saraf di otak. Gangguan neurologi ini berupa aktivitas listrik saraf abnormal yang menyebabkan serangan kejang. (cnn/as)