IPAL di Gresik Jadi Rujukan Tingkat Nasional

0
266 views
Pemberian hadiah bagi pemenang lomba IPAL Komunal. (Foto: Istimewa)
Pemberian hadiah bagi pemenang lomba IPAL Komunal. (Foto: Istimewa)

BeritaGresik.com – Kabupaten Gresik memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) terbanyak di Jawa Timur. Saat ini bahkan IPAL komunal di kota Pudak itu selalu menjadi rujukan tingkat nasional.

Total jumlah IPAL komunal di Kabupaten Gresik sebanyak 106 IPAL. Jumlah tersebut tersebar di tiga kecamatan, yakni di Kecamatan Gresik, Kecamatan Kebomas dan Kecamatan Manyar.

Keberadaan IPAL tersebut dinilai sangat bermanfaat besar bagi masyarakat, dimana limbah domistik yang berdampak pada lingkungan dan masyarakat mampu di kelola dengan baik dan benar.

Demikian disampaikan Kepala Dinas PU Bambang Isdianto dalam acara workshop  penguatan kapasitas KPP dalam pengelolaan IPAL dan MCK menuju KPP mandiri IPAL lestari di Kantor Bupati Gresik, rabu (23/11/2016).

Menurur dia, jumlah penduduk yang besar berdampak pada limbah domistik. Jika tidak ditangani dengan benar, limbah domistik ini akan mencemari lingkungan dan berdampak pada masyarakat.

“Ini upaya awal dalam mengatasi kawasan kumuh, tidak hanya tugas Pemerintah saja dalam menangani limbah, tapi semua komponen harus terlibat penuh,” ucapnya.

Kegiatan workshop yang digelar di salah satu ruang Kantor Bupati Gresik ini juga disertai dengan pemberian hadiah bagi pemenang lomba IPAL Komunal.

Dalam kesempatan itu, Ketua TP PKK Gresik, Maria Ulfah Sambari HR mengatakan, IPAL komunal yang di kelola dengan baik akan menjadikan perilaku/gaya hidup masyarakat semakin sehat. (as)