“SMS Gateway” Tekan Angka Kematian Ibu Hamil di Gresik

0
1,013 views

BeritaGresik.com – LSM Pusat Telaah dan Informasi Regional (Pattiro) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Gresik membuat suatu terobosan guna menekan angka kematian ibu hamil. Terobosan itu berupa program layanan “SMS Gateway” untuk memberikan pertolongan kepada ibu hamil.

Direktur LSM Pattiro Idham Cholid mengatakan, SMS Gateway atau pesan darurat merupakan program yang bertujuan membantu atau menjaga keselamatan ibu hamil yang terindikasi memiliki resiko tinggi (Bumilristi).

“Program tersebut telah dilaksanakan di Kantor Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (KBPP) yang terletak di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Kebomas, Gresik,” kata Idam di Gresik, Selasa (16/6).

Dalam pelaksanaannya, program tersebut mengikutsertakan bidan desa, pegawai puskesmas, kader kesehatan beserta Forum Rumah Sakit yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Gresik. Idam berharap bisa membantu menyelematkan ibu hamil yang memiliki riwayat kehamilan mengkhawatirkan.

Idam menjelaskan, pihak yang diberi tugas melaksanakan program SMS Gateway nantinya akan melakukan pendataan terhadap ibu hamil resiko tinggi. Mereka bahkan akan memeriksa kesehatannya hingga memberikan informasi cara penanganan ibu hamil yang terindikasi memiliki kesehatan kurang baik.

Adapun cara memanfaatkan program tersebut, para ibu hamil atau keluarganya bisa langsung memencet nomer para petugas layanan SMS Gateway yang sudah disosialisasikan. Jika ada sms masuk dari salah seorang ibu hamil, pihak operator puskesmas atau rumah sakit langsung memberikan respon.

Seperti diketahui, data Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik mencatat jumlah kasus kematian ibu hamil pada 2014 mencapai 23 orang. Sedangkan untuk periode tahun ini, jumlah ibu hami yang meninggal tercatat sekitar 9 orang. [as]