Wow, Ternyata Ini Khasiat Minyak Kelapa untuk Kecantikan

0
326 views
Ilustrasi tips manfaat minyak kelapa buat kecantikan. (kokosovoulje.com)
Ilustrasi tips manfaat minyak kelapa buat kecantikan. (kokosovoulje.com)

BeritaGresik.com – Selain berfungsi untuk menggoreng makanan, minyak kelapa memiliki banyak khasiat untuk kecantikan dan kesehatan tubuh, wajah, bahkan rambut Anda.

Beberapa nama selebriti seperti Gwyneth Paltrow menggunakan minyak kelapa untuk membersihkan giginya. Kemudian, ada Mindy Kaling yang belakangan kerap menggunakannya untuk membuat rambutnya mengkilap.

Selain itu, Taserta Kourtney Kardashian juga memanfaatkan khasiat minyak kelapa untuk meningkatkan metabolisme, membantu penurunan berat badan, serta untuk melembabkan kulit.

Seperti dikutip dari Eonline, berikut fungsi utama dari minyak kelapa bagi kesehatan wajah, tubuh, dan rambut Anda.

Sebagai Pelembab Wajah
Kulit setiap orang memang berbeda-beda, namun aturan praktis yang baik adalah untuk menerapkan produk kecantikan Anda dalam urutan dari yang paling ringan sampai konsistensi terberat. Dan minyak kelapa memiliki konsistensi menengah.

“Minyak kelapa membantu tingkat hidrasi, melindungi kulit Anda dan membantu mempertahankan kelembaban” kata Melody Carl, seorang aesthetician di sebuah klinik kecantikan AS.

Sebagai Pelembab Tubuh
Minyak kelapa mudah diserap tetapi untuk hasil yang maksimal, gunakan setelah mandi dan tubuh Anda benar-benar bersih.

“Waktu favorit saya untuk menggunakannya adalah tepat setelah mandi, saat Anda basah dan hangat” ujar dr Amy Kassousn dari klinik yang sama.

Dr Amy melanjutkan, tidak ada yang berbicara tentang lemak jenuh yang terkandung di dalamnya. Ia memiliki sifat antibakteri sehingga dapat disimpan pada suhu kamar.

“Anda tidak perlu khawatir tentang bahan-bahan tambahan seperti paraben dan pengawet. Anda hanya perlu mengaplikasikannya sedikit-sedikit,” jelasnya.

Sebagai Penguat Rambut
Hilangnya protein pada rambut dapat menyebabkan kerusakan dan kerapuhan pada rambut. Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat memperlambat hilangnya protein. Menambahkan satu sendok makan pada menu makan pagi Anda dapat menyebabkan rambut lebih tebal atau lebih penuh.

“Minyak kelapa juga bisa digunakan seminggu sekali sebagai perawatan kulit kepala dengan memijatkannya ke kulit kepala sebelum keramas. Ini juga dapat melembabkan rambut kering. Namun, jika Anda memiliki rambut berminyak, saya hanya merekomendasikan untuk mengaplikasikan minyak kelapa ke ujung rambut,” ujar seorang penata rambut selebriti Hollywood, Marc Mena. [as]