Gerakan Cegah Anaemia pada Remaja Digelar di Gresik

Kampanye gerakan cegah anaemia pada remaja putri di Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Kampanye gerakan cegah anaemia pada remaja digelar di Gedung Wahana Ekspresi Pusponegoro (WEP) II, Jum’at (16/11/2018). Kegiatan yang digelar dalam rangka Hari Remaja se-Dunia ini melibatkan ratusan remaja putri setingkat SMA yang ada di Gresik.

Tanpak hadir dalam kesempatan itu Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim, Direktur Aklademi Gizi Surabaya Andriyanto, serta pengawas SMA dari Dinas Pendidikan Gresik Tri Wahyu Anggraini.

Wabup Qosim memgajak kepada para remaja putri di kabupaten Gresik untuk mulai membiasakan mengonsumsi tablet penambah darah (fe). Hal itu dipandang penting guna menjaga kesehatan badan dan mencegah anaemia.

“Mulai hari ini marilah kita bersama-sama untuk membiasakan minum tablet penambah darah satu minggu satu tablet untuk kesehatan kita bersama,” pinta Qosim kepada para pelajar puteri yang tengah berkumpul di hadapannya.

Selain itu, Qosim juga mengajak para pelajar tersebut menandatangani sebuah komitmen pada spanduk yang telah disiapkan. Penandatanganan juga dilakukan Qosim, dr. Andriyanto direktur Aklademi Gizi Surabaya dan Tri Wahyu Anggraini dari Dinas Pendidikan Gresik.

“Ini merupakan upaya kami untuk mempersiapkan generasi masa depan yang sehat. Anda semua ini yang nantinya bakal menggantikan kami semua yang saat ini sudah menjelang tua,” ujarnya.

Sementara itu, PLT Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, dr. Endang Puspitowati melalui Kepala Bagian Humas dan Protokol Sutrisno menyatakan, program ini merupakan program nasional. Di Gresik program ini disebut Cegah Anaemia dengan fe (Café).

“Kami sudah menyiapkan 1,7 juta tablet fe yang kami bagikan kepada seluruh remaja puteri se Kabupaten Gresik. Pembagiannya memang tidak serentak. Untuk awal kami bagikan kepada sekolah-sekolah sebagai pilot project,” tandas Endang kepada Sutrisno. (sdm/as).

No Response