Peserta Tes Ungkap Kejanggalan Rekrutmen THL Dinkes Gresik

0
1,218 views
Kantor Dinas Kabupaten Gresik. (Foto: Istimewah)
Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik. (Foto: Istimewah)

BeritaGresik.com – Kejanggalan proses pelaksanaan tes rekrutmen Tenaga Harian Lepas (THL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gresik, yang digelar pada 2-3 Februari 2016 lalu dirasakan langsung oleh salah satu peserta tes.

Sebut saja namanya “Bunga”, salah satu peserta yang tak mau disebut namanya. Dia mengungkapkan, saat penentuan ruangan tes, namanya jelas terpampang di daftar peserta. Dia mengaku terkejut ketika hari pelaksanaan namanya tiba-tiba lenyap dan digantikan peserta lain.

Bunga mengaku cukup mengenal sosok peserta yang namanya tiba-tiba saja muncul menggantikan dirinya di daftar tes. Bunga menyebut dia sebagai peserta ilegal, karena masih magang di salah satu Puskesmas pembantu (Pustu) yang terdapat di Pulau Bawean.

Kejadian itu sontak membuat Bunga panik dan menangis histeris, karena namanya tiba-tiba menghilang, sehingga menarik perhatian orang banyak yang menyaksika kejadian waktu itu.¬†“Saya terkejut, kok nama saya tiba-tiba hilang, saya nangis,” cerita Bunga.

Tak lama berselang, didampingi salah seorang temannya, Bunga melakukan protes ke ruang kepegawaian Dinkes Gresik. Kepanikan bunga akhirnya mereda setelah salah seorang pagawai Dinkes merayunya supaya tidak panik dan dijanjikan tetap bisa mengikuti tes.

“Saya protes ke ruang kepegawaian, lalu salah satu petugas meredam kepanikan saya, katanya tetap bisa ikut tes di runag rapat besar tapi jangan rame-rame,” tuturnya.

Kekecewaan Bunga bersama empat peserta tes asal Puskesmas Tambak kembali memuncak ketika melihat pengumuman hasil tes yang dipublikasikan secara online, Jumat (12/02). Nama Bunga bersama empat orang rekannya tidak termasuk peserta yang lolos tes THL.

“Hari Jum’at sore, pengumuman dipublikasi secara online, lima orang dari Puskesmas Tambak yang nyata-nyata sudah Sukwan tidak lolos. Kita semua sangat kecewa dengan kejadian ini,” pungkasnya. (abr)