Moms, Begini Proses Pemulihan Usai Bersalin Sesar

0
628 views

BeritaGresik.com – Usai melakukan bedah sesar pasti Anda akan mengalami efek samping ringan seperti halnya mual. Namun, dalam beberapa hari pertama usai proses persalinan banyak hal-hal yang harus diperhatikan. Seperti apa?

Dilansir Babycentre, Sabtu (15/8/2015), pada beberapa hari selama waktu pemulihan persalinan sesar, bagi seorang ibu mungkin akan merasa gugup dan mungkin mual setelah operasi. Mual dapat bertahan hingga 48 jam, namun suster di rumah sakit memberikan obat untuk meminimalkan ketidaknyamanan akibat rasa mual itu.

Selain itu, banyak ibu juga merasa gatal di seluruh tubuhnya, terutama mereka tersadar dari pengaruh bius spinal. Jika ini terjadi pada Anda, biarkan suster tahu, sehingga Anda bisa mendapatkan obat untuk meredakan rasa gatal.

Pasien bedah sesar biasanya tinggal di rumah sakit selama dua sampai empat hari untuk perawatan pasca melahirkan. Tapi pemulihan Anda akan diukur dalam kurun waktu minimal dua minggu setelah proses bersalin. Dengan begitu, Anda akan membutuhkan bantuan orang lain untuk merawat diri sendiri dan si bayi.

Terlebih lagi, jika Anda memiliki anak-anak di rumah. Mereka mungkin merasa membutuhkan Anda setelah ditinggal.

Jika Anda mendapatkan bius epidural atau spinal saat proses persalinan, Anda juga akan mengalami pengaruh tidak sadarkan diri selama 12-24 jam. Setelah itu, Anda akan diberikan obat nyeri sistemik, biasanya berupa pil yang mengandung acetaminophen. Ini dapat membantu melunakkan feses dan melawan efek sembelit.

Dalam kasus apapun, jangan malu meminta suster obat yang lebih  jika Anda tidak nyaman. Anda tidak perlu diam saat merasa kesakitan. Coba minta obat yang tepat untuk meminimalisir rasa sakit itu. Tentunya itu harus sesuai perintah dokter bedah dan ahli anestesi agar tidak terjadi kesalahan. [oke/as]