Waspadai Makanan Kadaluarsa Jelang Lebaran

No comment 500 views

Tim Dinas Kesehatan Gresik saat melakukan pemantauan makanan dan minuman jelang Lebaran 2019 di wilayah Gresik, Senin (13/5). (Foto: Ist/Antara)

BeritaGresik.com – Masyarakat diminta untuk waspada dan lebih berhati-hati saat berbelanja makanan dan minuman menjelang lebaran. Pasalnya, tidak sedikit makanan kadaluarsa masih beredar di pasaran, baik itu di pusat perbelanjaan tradisional atau modern.

Imbauan itu disampaikan pihak Dinas Kesehatan Gresik saat melakukan pemantauan makanan di beberapa toko modern, Senin (13/5/2019) lalu. Langkah itu dilakukan sebagai rangkaian pengamanan makanan jelang Lebaran 2019.

Dalam kesempatan itu, Dinas Kesehatan Gresik, Jawa Timur, menemukan kurma berjamur dan tidak layak konsumsi yang dijual di wilayah Gresik. Mereka lalu membawa kurma berjamur itu untuk dijadikan laporan ke Pemkab Gresik.

“Saya menemukan kurma dengan kualitas jelek, dan satu butir kurma sudah berjamur,” kata Rakiwi, Staff Bidang Kefarmasian Dinkes Bidang SDK, Kabupaten Gresik, seperti dilansir Antara Jatim.

Tak hanya itu, pemantauan makanan yang dilakukan di tiga toko modern yakni Transmart Jalan Dr Wahidin SH no 788, Serikat Jaya di Jl R.A Kartini 68, serta Hypermart Gressmall juga ditemukan beberapa produk dengan kemasan rusak.

“Paling banyak ditemukan kaleng siap saji yang sudah penyok. Kemudian juga ditemukan izin produk industri rumah tangga (PIRT) yang harus diperbaharui, serta juga ditemukan produk kadaluarsa,” paparnya.

Plt Sekertaris Dinas Kesehatan Gresik, dr Mukhibatul Khusna meminta agar pihak pengelola toko menarik produk serupa dan memusnahkannya.

“Kami juga meminta pihak toko agar lebih teliti menjual produk. Terutama menjelang Lebaran ini. Khawatirnya produk tersebut lolos pantauan,” katanya.

Dinkes Gresik juga meminta pihak toko agar melaporkan bukti pemusnahan kepada Dinkes, dan batas waktu yang ditetapkan adalah tujuh hari setelah pemantauan yang dilakukan Dinkes.

“Kami juga meminta masyarakat agar lebih hati-hati dalam membeli jajanan Lebaran, serta diperhatikan masa kadaluarsa maupun kerusakan produk,” ucapnya. (ant/as)

No Response