Ini Kategori dan Penyebab Pria Mandul

0
681 views
Ilustrasi pasangan
Ilustrasi pasangan

BeritaGresik.com – Segera memiliki momongan setelah menikah merupakan impian setiap pasangan suami istri. Namun, tidak sedikit di antara mereka yang tak kunjung diberikan keturunan hingga di usia pernikahan satu tahun.

Kondisi itu tentunya membuat pasangan mulai gelisah. Lantas faktor apa yang menyebabkan hal itu terjadi, apakah itu dapat dikategorikan mandul atau yang dikenal dengan istilah infertilitas.

Spesialis Urologi dr Sigit Solichin SpU dari RSU Bunda Jakarta menjelaskan, infertilitas memiliki arti yang membuat pasangan belum punya keturunan di usia perkawinan lebih dari satu tahun.

“Diperkirakan saat ini ada 15% pasangan suami istri mengalami infertilitas. Penyebabnya pasti menyalahkan istrinya mandul. Padahal, penyebabnya 50% berasal dari suaminya,” kata dr Sigit di RSU Bunda Jakarta, Jumat (12/8/2016).

Menurut dia, infertilitas yang terjadi pada seorang pria merupakan proses yang sangat kompleks. Karena itu, pria dituntut menghasilkan sperma yang berkualitas dan sehat, agar istri cepat hamil.

Lebih lanjut, dr Sigit menuturkan, penyebab terjadinya masalah ini pun beragam. Umumnya, pria mengalami masalah varikokel yang menjadikan pelebaran pembuluh darah vena di testis.

“Varikokel penyebabnya tidak jelas. Namun diduga kaitannya dengan regulasi pengaturan suhu pada testikel mengalami gangguan. Sehingga varikokel menyebabkan kualitas sperma cacat,” pungkasnya.

Hal iti masih bisa diatasi dengan cara terapi secara perlahan-lahan. Lebih dari itu, masih banyak pula penyebab infertilitas pada sperma, seperti infeksi. (as)