Tiga Cara Kreatif Membuat Anak Disiplin

0
620 views
Tiga cara kreatif mendisiplinkan anak (Foto: Familyshare)
Tiga cara kreatif mendisiplinkan anak (Foto: Familyshare)

BeritaGresik.com – Memberi hukuman pada anak tidak selalu harus dengan cara kekerasan. Sebaliknya, orang tua harus berupaya mencegah bentuk kekerasan yang memberi konsekuensi negatif pada anak.

Sangat menjengkelkan memang ketika masuk kamar anak, selalu dalam keadaan berantakan. Mereka juga tidak disiplin menaruh mangkuk usai makan. Anda sudah berteriak-teriak meminta mereka membereskan pekerjaannya, tapi hasil tidak berubah, anak tetap sama.

Sepertinya orangtua butuh cara lebih kreatif untuk mengatasi masalah ini. Berikut tiga cara kreatif membuat anak lebih disiplin :

Ambil langkah jauh

Bila anak tak bisa disiplin lewat rambu-rambu, mungkin harus mengambil langkah jauh. Misalnya, ketika anak tak pernah mematikan lampu saat keluar ruangan. Ayah bisa mencabut bohlam lampu agar sama sekali tak ada penerangan. Hasilnya, anak kapok dan sadar kalau berapa pentingnya lampu untuk beraktivitas.

Hukuman fisik yang tak merugikan

Hukuman fisik seperti memukul itu sangat dilarang. Namun, bila anak Anda malas berolahraga, hukuman fisik seperti push-up atau melompat, itu bisa menyehatkan mereka. Tapi ingat, jangan memaksakan hukuman ini bila anak sudah sangat lelah.

Bermain tinju

Perkelahian antar anak sering kali terjadi di dalam keluarga. Untuk mengantisipasi agar anak tidak saling menyakiti, orangtua harus pandai menyiasatinya. Beli sarung tinju, dan biarkan anak berkelahi dengan cara yang benar.

Cara ini hanya mengalihkan agar tidak saling menyakiti, ketika sudah bermain tinju mereka akan tertawa bersama. Demkian dikutip Parenting, Minggu, (8/11/2015). [zr]