Pemkab Gresik Janji Perbanyak Jumlah Posyandu

0
357 views

BeritaGresik – Pemerintah Kabupaten Gresik berencana memperbanyak jumlah Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dari jumlah saat ini yang mencapai 1.478. Jumlah Posyandu yang ada sekarang dinilai tidak sebanding dengan jumlah RT dan RW yang terdapat di Kabuapten Gresik.

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengatakan, jumlah RT dan RW di seluruh Kabupaten Gresik saat ini mencapai 7.910. Jumlah itu masih sangat kurang jika dibandingkan dengan jumlah posyandu yang ada.

“Kami mengakui keberadaan Posyandu saat ini masih kurang, padahal Posyandu merupakan tempat untuk melayani masyarakat balita di desa,” kata Sambari dalam kegiatan revitalisasi Posyandu di Gresik, Selasa (7/7).

Selain itu, Pemkab Gresik juga berencana memperbanyak Pondok Kesehatan Desa (Ponkesdes), sebab jumlah yang ada saat ini baru sekitar 225 Ponkesdes. Jika setiap desa ada satu Ponkesdes, seharusnya jumlah Ponkesdes mencapai 330.

“Artinya harus sesuai dengan jumlah desa yang ada, sehingga pelayanan yang diberikan bisa berjalan secara maksimal,” tandasnya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Agus Budiono mengatakan, keberadaan Posyandu tidak hanya perlu diperbanyak, melainkan sumber daya manusianya juga perlu direvitalisasi.

“Revitalisasi sumber daya manusia Posyandu diperlukan, agar bisa memberikan pelayanan bagus kepada masyarakat, terutama kepada para balita,” ucapnya. [as]