Wabub Qosim Resmikan Pencanangan PIN Polio di Bawean

0
539 views
Wakil Bupati Gresik M Qosim saat meresmikan pencanangan PIN polio di Kecamatan Sangkapura Pulau Bawean, Kabupaten Gresik pada Selasa (8/3/2016).
Wakil Bupati Gresik M Qosim saat meresmikan pencanangan Pekan Imunisasi Nasional polio di Kec. Sangkapura Bawean, Kab. Gresik Selasa (8/3/2016).

BeritaGresik.com – Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio digelar serentak di seluruh Indonesia, Selasa (8/3/2016). Pencanangan pekan imunisasi bagi anak-anak usia 0-59 bulan juga dilaksanakan di Pulau Bawean, Gresik.

Melalui imunisasi diharapkan anak-anak Indonesia tumbuh sehat serta terbebas dari virus polio. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Bupati Gresik M Qosim saat meresmikan pencanangan PIN polio di Kecamatan Sangkapura Pulau Bawean, Kabupaten Gresik pada Selasa (8/3/2016).

Rombongan Wakil Bupati Gresik tiba di Pulau Bawean sekitar pukul 13.00 WIB. Mereka langsung ke kantor Syahbandar meresmikan PIN polio serta meninjau pengobatan Gratis yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik bersama Baznas Kabupaten Gresik.

Pencanangan ditandai dengan penetesan vaksin polio oleh Wabup Gresik M Qosim bersama istrinya Zumrotus Sholihah Qosim besetta jajaran dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik terhadap anak usia 0-59 bulan.

“Melalui kesempatan Pekan Imunisasi Nasional ini, kita ciptakan kondisi anak yang sehat. Apabila terdapat gejala penyakit polio, segera lakukan tindakan dan periksakan ke rumah sakit,” ujar Wabup Qosim.

Selain itu, pemerintah juga memberikan santunan kepada anak yatim piatu dan dhuafa yang ada di sekitar Kecamatan Sangkapura.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik Muh. Nurul Dholam mengatakan, meski Indonesia telah mendapatkan Sertifikat bebas Polio pada 27 Maret 2014 lalu, bahaya penyakit polio tetap hatus diwaspadai karena hingga saat ini masih ada negara yang endemis polio yaitu Afganistan dan Pakistan.

“Kita masih perlu mewaspadai bahaya polio, karena penyakit tersebut masih bisa terjadi di Indonesia. Oleh karena itu dilakukan pencanangan Pekan Imuniasai Nasional pada balita termasuk di Pulau Bawean ini,” ujar Muh. Nurul Dholam. (abr)