Tingkatkan Pelayanan, Pegawai Puskesmas di Gresik Dibekali Pelatihan

0
13 views
Diklat Manajemen Puskesmas di Kantor Bipati Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Puskesmas dinilai memiliki peran sangat penting dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Untuk itu, upaya peningkatan kualitas pegawai puskemas diperlukan guna memberikan pelayanan prima.

Upaya itu yang saat ini tengah dilakukan oleh Pemkab Gresik. Salah satunya dengan memberikan pembekalan kepada pegawai puskesmas melalui Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Manajemen Puskesmas.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Kng. Djoko Sulistio Hadi berharap melalui diklat tersebut, puskesmas dapat meningkatkan kualitas SDM dan pelayanan terhadap masyarakat di bidang kesehatan di tingkat pertama atau tingkat paling bawah.

“Peningkatan SDM dan pelayanan menjadi fokus utama program di era pemerintahan reformasi, karena itu ASN harus benar-benar professional,” kata Sulistio dalam acara Diklat Manajemen Puskesmas di kantor Bupati Gresik, Kamis (07/9/2017).

Menurut Sulistio, pelatihan Manajemen Puskesmas tersebut merupakan sarana dan upaya bagi pegawai puskesmas di Gresik dalam meningkatkan pengetahuan dan profesionalitas saat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Puskesmas dikatakan punya peran penting dalam keberhasilan pembangunan di berbagai sektor di Kabupaten Gresik, terlebih di bidang ekonomi. Sebab, derajat kesehatan akan berpengaruh pada peningkatan produktifitas tenaga kerja.

Kepala Bidang Kompetensi Teknis pada Badan Diklat Provinsi Jawa Timur Nawang Ardiani mengungkapkan, tuntutan pelayanan publik di era persaingan global semakin tinggi. Karena itu, piskesmas diharapkan mampu memberikan pelayanan terbaik.

“Di era seperti sekarang ini, masyarakat ingin pelayanan yang berkualitas. Oleh sebab itu, petugas harus bisa mewujudkan dimensi yang luas dan kompleks serta dinamis dari waktu ke waktu,” ujarnya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Gresik Nadlif menjelaskan, kegiatan Diklat Manajemen Puskesmas diikuti sebanyak 35 Aparatur Sipil Negara (ASN) pejabat manajerial di Puskesmas. (as)