Sidak Supermarket, Dinkes Temukan Kemasan Produk Rusak

0
271 views
Dinkes Gresik sidak supermarket.
Dinkes Gresik sidak supermarket.

BeritaGresik.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik bersama dinas terkait melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke beberapa supermarket di Gresik, Selasa (7/6/2016). Mereka menemukan beberapa produk dengan kemasan yang rusak.

Sidak dilakukan pada dua supermarket terbesar di Kota Pudak, yakni Sarikat Jaya dan Hypermart. Di dua supermarket tersebut, rombongan Dinkes yang dipimpin Kadinkes M. Nurul Dholam dilakukan untuk menemukan makanan dan minuman yang tidak layak jual.

Selain itu, sidak jyga dilakukan untuj menemukan makanan dan minuman kadaluarsa, tidak sesuai izin edar serta barang rusak karena kemasannya tidak layak.

Beberapa temuan di dua supermarket tersebut yaitu, makanan curah yang tidak tercantum tanggal kadaluarsa, kaleng susu yang pesok, serta beberapa makanan dalam kemasan karton yang terkoyak.

Beberapa temuan lain yakni, adanya minuman serbuk yang hanya berijin kode pangan insdustri rumah tangga (PIRT) tapi mencantumkan khasiat.

“Sesuai ketentuan hal ini tidak boleh, seperti produk ini,” ujar Nurul Dholam sambil menunjukkan minuman serbuk jahe instan kepada Kabag Humas Suyono.

Produk lain yang juga menyalahi yaitu produk yang mencantumkan tulisan tanpa bahan pengawet tapi tidak mencantumkan kode dan tanggal produksi maupun tanggal kadaluarsa.

Barang tersebut direkomendasikan agar tidak dijual. “Kami akan kembali melakukan sidak untuk melihat lagi, agar barang barang tersebut tidak dijual kembali,” tutur plt Kadinkes tersebut.

 

Dalam keterangannya, Nurul Dholam mengatakan, sidak ini kami lakukan untuk melindungi masyarakat Gresik.

“Saat bulan Ramadhan sampai menjelang Idul Fitri banyak masyarakat yang berbelanja. Agar mereka aman dan membeli produk sesuai yang diinginkan yaitu tidak rusak dan sesuai standar Indonesia baik mutu dan kesehatan,” katanya.

Kepada masyarakat Konsumen, Nurul Dholam berpesan kepada masyarakat agar lebih selektif dan teliti saat berbelanja.

“Meski di supermarket besar sekalipun agar konsumen teliti terutama melihat tanggal kadaluarsa, kemasan yang bagus tidak pesok dan rusak, serta izin edar baik produk luar negeri atau produk dalam negeri,” jelasnya. (as)