Ribuan Warga Sidayu Gresik Manfaatkan Pengobatan Gigi Gratis

0
22 views
Ribuan warga Sidayu Gresik memanfaatkan pelayanan periksa gigi gratis di Alun-alun Kecamatan Sidayu, Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Ratusan siswa sekolah dasar dan seribu masyarakat umum di kecamatan Sidayu, Gresik, memanfaatkan layanan periksa dan pengobatan gigi gratis yang dilaksanakan di Alun-alun Sidayu, Kabupaten Gresik, Sabtu pagi (4/11/2017).

Acara tersebut merupakan suatu rangkaian kegiatan Bakti Sosial Kesehatan Gigi Terpadu Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Pengurus Wilayah Jawa Timur tahun 2017 yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik.

Tanpak hadir dalam kesempatan itu Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, Wakil Bupati Moh. Qosim, serta sejumlah jajaran Forkopimda dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Gresik.

Pemeriksaan dan pengobatan gigi gratis ini dilayani sekitar 250 tenaga medis. Kegiatan bakti sosial ini diselenggarakan dalam rangka Bulan Kesehatan Gigi Nasional tahun 2017.

Gus Ipul mengatakan, kesehatan gigi dan mulut hendaknya jangan disepelekan. Hasil riset mencatat sekitar 97 % masyarakat di Jawa Timur punya kesadaran menggosok gigi. Namun, hanya 3 % masyarakat yang menggosok gigi dengan benar atau setelah makan pagi dan sebelum tidur malam.

“Oleh sebab itu, kami sangat setuju dengan diadakannya kegiatan ini sehingga mampu meningkatkan kesadaran masyarakat di Jawa Timur, khususnya masyarakat kabupaten Gresik untuk menerapkan cara menggosok gigi dengan baik dan benar,” ujar Gus Ipul.

Dengan kesadaran ini gigi masyarakat di Jawa Timur dan Indonesia sehat dan bebas karies gigi (gigi berlubang.red) di tahun 2030 mendatang,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Sambari mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang sosial tersebut. Menurutnya, bakti sosial dan penyuluhan oleh PDGI yang bekerjasama dengan Pemkab Gresik ini sepatutnya dimanfaatkan dengan baik oleh warga.

Dia juga menekankan agar kesadaran masyarakat untuk merawat kesehatan gigi dan mulut ditanamkan sejak usia dini.

“Mulut merupakan bagian tubuh yang berperan sebagai pintu masuk makanan ke dalam tubuh, dimana tidak dipungkiri bahwa kuman dan bakteri juga termasuk di dalamnya. Maka dari itu, menggosok gigi minimal dua kali sehari sangat dianjurkan dan tanamkan sejak usia dini,” ujar Bupati. (as)