Waspada Serangan Virus Zika

0
842 views
Ilustrasi digigit nyamuk
Ilustrasi digigit nyamuk

BeritaGresik.com – Masyarakat Indonesia patut bersiaga menghadapi serangan virus Zika, setelah pada Senin (29/8) lalu pihak Dinas Kesehatan Singapura mengonfirmasi adanya 41 kasus virus Zika di negara tersebut.

Status tersebut membuat Indonesia, yang tak lain adalah negara tetangga Singapura makin siaga. Indonesia pun bersiap untuk menghalau virus tersebut yang menular lewat gigitan nyamuk.

Virus Zika diketahui sempat ‘berkunjung’ ke Indonesia, tepatnya di Jambi. Pada  Desember 2014 lalu, seorang pria berusia 27 tahun dikabarkan terjangkit virus tersebut. Hal itu diungkapkan oleh Peneliti Eijkman, Tedjo Sasmono.

Saat itu ditemukan gejala yang mirip dengan virus Zika, yaitu gejala nyeri dan demam tinggi. “Memang saat itu terjadi kasus demam berdarah luar biasa di Jambi,” kata dr. Moh. Subuh, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes dilansir CNN Indonesia.

Lalu, dilakukan pemeriksaan darah di laboratorium riset, dan memang ditemukan ada Zika-nya. Pemeriksaan pun akhirnya dilakukan, kemudian pria Jambi itu pun berhasil disembuhkan.

Subuh mengungkapkan, meski Indonesia kini sedang siaga zika, namun diagnosis gelaja dan penyakitnya harus diteliti dengan jelas dan menyeluruh.

“Semuanya harus dilihat dari hulu ke hilir. Misalnya, ada yang lapor terkena gejala Zika. Kemudian harus dilihat apakah dia dalam kurun tertentu baru ke luar negeri atau tidak. Kalau iya, kapan dan berapa lama,” tandasnya.

Ia menyarankan agar masyarakat tetap waspada dengan virus tersebut. Terlebih lagi bagi ibu yang sedang hamil. Jika seorang ibu hamil terjangkit virus Zika, ada kemungkinan terjadi microsefalus. (as)