Sambut HUT Kemerdekaan ke 70, Panitia PHBN Tambak Gelar Festival Dhungka

0
443 views

BAWEAN, BeritaGresik.com – Pagelaran festival dhungka yang diadakan oleh Panitia Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) Kecamatan Tambak di pendopo kecamatan Tambak disambut antusias oleh warga setempat, hal ini terlihat dengan membludaknya pengunjung yang memadati pendopo kecamatan, Minggu (16/08).

Camat Tambak Narto menuturkan kegiatan festival dhungka ini digelar disamping untuk memeriahkan HUT kemerdekaan RI yang ke 70, juga bertujuan untuk melestarikan tradisi Bawean yang sudah langka ini.

Tradisi dhungka sendiri lanjut Narto merupakan tradisi Bawean tempo dulu sehingga tanpa adanya even-even seperti ini dikhawatirkan lambat laun akan punah.

“Dhungka ini alat musiknya  menggunakan lesung untuk menumbuk padi, sehingka sangat jarang ditemui saat ini, nah dengan adanya even seperti ini semoga tradisi dhungka ini tetap lestari”, kata Narto.

Ketua PHBN sekaligus Sekcam Tambak Zainuddin menjelaskan Festival dhungka yang digelar kali ini diikuti oleh 13 peserta yang mewakili desanya masing-masing. Namun demikian kata Zainuddin kegiatan ini hanya salah satu dari rangkaian acara menyambut hari kemerdekaan. “Festival dhungka salah satu kegiatan, masih banyak sekali kegiatan-kegitan yang melibatkan partisipasi masyakarat, seperti jalan santai, lomba gerak jalan, karaoke, karnaval, bazar, cipta menu dan lain-lain”.

Perlu diketahui, dhungka merupakan salah satu tradisi Pulau Bawean yaitu sejenis musik yang menggunakan lesung yang dipukul dengan alu (alat menumbuk padi) sehingga menghasilkan bunyi yang khas, dengan irama dhungka itulah kemudian diisi dengan nyanyian, umumnya lagu-lagu yang berbahasa Bawean. (abr)