AMP Extension page

Keindahan Alam Negeri Ini Tak Diragukan Lagi

No comment 1094 views

Assalilatul Maflahah

ALAM negeri ini memiliki banyak pesona keindahan yang mampu membuat dunia terpukau. Tak diragukan lagi memang, bahkan keindahan alam Indonesia sudah diakui oleh dunia. Hal ini tentu didapat dalam kurun waktu yang cukup lama. Berbagai cara dilakukan untuk mempulerkan keindahan alam Indonesia.

Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengungkapkan keindahan alam negeri ini. Mulai dari photo, video, lagu, artikel, dan puisi yang dipublikasikan merupakan beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengenalkan pesona alam Indonesia ke berbagai penjuru dunia.

Riston Tambunan dan I Gede Yogi Pentagama adalah dua dari begitu banyak orang yang menulis puisi tentang keindahan alam Indonesia. Riston Tambunan menulis sebuah puisi yang berjudul Puisi Untuk Danau Toba, tampak jelas dalam judul puisinya bahwa isi puisi ini menggambarkan tentang keindahan alam danau Toba.

Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara yang terletak di provinsi Sumatera Utara. Danau ini begitu tersohor karena memiliki keunikan, yakni terdapat sebuah pulau kecil di tengah danau Toba yang dinamai pulau Samosir. Dalam puisinya, Riston mengajak setiap pembaca untuk lebih mengetahui secara mendalam tentang keindahan danau Toba.

Menurut Riston dalam puisinya yang berjudul Puisi Untuk Danau Toba, Danau Toba adalah sebuah danau yang sudah terkenal seantero negeri dan mampu memukau siapapun yang melihat keindahannya. Pemandangan hijau pegunungan, sejuknya udara, dan jernihnya air danau yang mampu mengalahkan kilauan batu berlian adalah beberapa deskripsi gambaran puisi Riston.

Tak hanya itu, Riston juga merasa bahwa keindahan dan kesejukan alam danau Toba mampu menenangkan jiwa raga dan pikirannya. Ia bahkan ingin menghilangkan semua rasa gundah dan penat dalam dirinya dengan berenang menikmati kesegaran air danau Toba.

Beralih dari puisi Riston, I Gede Yogi Pentagama juga menulis puisi tentang keindahan alam Indonesia tentang Bali. Dalam karyanya yang berjudul Indahnya Pulau Bali, I Gede Yogi Pentagama menuliskan puisinya tentang keindahan Bali secara umum. Berbeda dengan puisi yang berjudul Puisi Untuk Danau Toba karya Riston Tambunan yang menggambarkan secara detail tentang keindahan alam danau Toba saja.

Bali adalah salah satu kota besar Indonesia yang sangat terkenal di berbagai negara. Berbagai hal yang mampu menjadi daya tarik wisatawan mancanegara terdapat di kota Bali. Tak heran kota Bali adalah kota yang paling sering dikunjungi wisatawan baik dari lokal maupun wisatawan mancanegara.

Dalam puisi Indahnya Pulau Bali, Yogi menampilkan berbagai daya tarik yang dimiliki kota Bali. Daya tarik tersebut terdapat mulai dari keindahan pulau-pulau yang jernih dan memiliki ombak yang kuat, berbagai ragam budaya tarian daerah dan alat musik, serta adat istiadat yang masih dilaksanakan.

Menurut Yogi dalam puisinya, keindahan alam pulau Bali tak dapat ditandingi. Hal ini memang tak dapat dipungkiri, seperti pulau Dewata dan pulau Pandawa. Selain keindahan pulaunya, Bali juga terkenal dengan tari Kecak sebagai tarian tradisional daerah Bali. Tarian ini tentu mampu menghibur wisatawan dengan gerakan khas mengangkat tangan sambil menggerakkan jari-jemari yang diiringi dengan musik tradisional dan dipadukan dengan busana baju tradisional juga. Berbagai daya tarik Bali tentu akan mampu menambah jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke kota Bali.

Keindahan alam Indonesia memang mampu menarik minat wisatawan asing untuk berkunjung ke Indonesia. Berbagai wisata alam mulai dari sungai, danau, pantai, gunung, dan air terjun yang begitu banyak nan indah memukau terdapat di negeri tercinta. Tak heran, Indonesia meraih dua penghargaan sekaligus dalam kompetisi video dunia oleh UNWTO (United Nations World Tourism Organization) yang diumumkan di Intercontinal Convention Hall di Tiongkok pada 15 September 2017 lalu.

Dalam kompetisi tersebut, Indonesia memenangkan kategori video pariwisata terbaik kawasan Asia Timur dan pasifik, serta kategori People Choice Award. Tentu kita bangga menjadi bagian dari Indonesia, maka jaga keindahan alam Indonesia agar tetap indah dan meningkatkannya menjadi lebih baik lagi. *

Assalilatul Maflahah, (Mahasiwa Semester IV Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang)

No Response