Tekan Harga Sembako, Pemkab Gresik Adakan Operasi Pasar

0
52 views
Pemkab Gresik gelar operasi pasar murah di sejumlah titik guna menekan kenaikan harga bahan pokok. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Pemkab Gresik melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan menggandeng Asosiasi Pedagang Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale) Jawa Timur mengadakan operasi pasar di beberapa titik di wilayah Gresik.

Operasi pasar murah ini dilakukan untuk mengatasi terjadinya kenaikan beberapa kebutuhan bahan pokok di wilayah Gresik saat memasuki bulan suci Ramadhan dan menghadapi Lebaran Idul Fitri 2017.

Beberapa wilayah yang mendapat droping sembako murah ini yaitu sekitar alun-alun kota Gresik, sekitar wilayah Bunder Gresik, wilayah Kecamatan Manyar dan wilayah Kecamatan Balongpanggang.

Saat operasi pasar dilaksanakan pada Rabu (31/5) di wilayah Bunder Gresik, tampak beberapa truk membawa paket sembako. Untuk beras dalam satu paket berisi 5 kg di jual dengan harga Rp40 ribu atau hanya sebesar Rp 8 ribu rupiah.

Terdapat selisih sekitar Rp 2.000 jika dibandingkan harga beras premium dengan kualitas sama yang harganya mencapai Rp 10 ribu. Harga gula pada operasi pasar tersebut dijual dengan harga Rp11.500 per kilogram. Sedangkan harga di luar mencapai Rp 12.500 per kilogram.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Agus Budiono kepada kepala bagian Humas Pemkab Gresik Suyono mengatakan, operasi pasar ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menekan harga sembako di pasaran.

“Semakin banyak operasi pasar yang kita lakukan, maka kesempatan ambil untung besar sesaat oleh pedagang nakal semakin sempit. Dipasaran saat ini hampir tidak ada gejolak harga yang berlebihan. Kalaupun ada kenaikan sedikit itu menurut saya wajar. Karena permintaan komoditi tertentu juga tinggi, tapi masih dalam batasan yang wajar,” ujar Agus Budiono.

Sementara ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA), M. Hamzah Takim yang tadinya tampak sibuk memeriksa sembako sebelum dijual kepada konsumen mengatakan, pihaknya memeriksa kelayakan sembako tersebut.

“Saya juga memantau di lapangan saat berlangsungnya operasi pasar murah tersebut agar tepat harga, tepat mutu dan tepat sasaran sesuai yang direncanakan” ujarnya.

Beberapa komoditi yang dijual selain beras dan gula adalah bawang putih. Ada 2 jenis bawang putih yang dijual masing-masing bawang putih asal cina yang dijual Rp 28 ribu/kg dan bawang putih asal India yang dijual lebih murah yaitu Rp 20 ribu/kg. (as)