Penjualan Buah Meningkat Jelang Ramadhan

0
196 views
Penjualan buah meningkat jelang Ramadhan. (Foto: BG/Wan)
Penjualan buah meningkat jelang Ramadhan. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Jelang memasuki bulan puasa Ramadhan, penjualan buah mulai meningkat. Bahkan di Pasar Kota Gresik, permintaan terhadap buah-buahan terjadi hingga mencapai 80%.

Salah satu pedagang buah, Rusdi (40) mengatakan, peningkatan penjualan buah sudah mulai dirasakan sejak beberapa hari ke belakang. Peningkatan itu terjadi setiap menjelang bulan puasa.

“Setiap menjelang bulan puasa, penjualan buah pasti naik. Dibanding penjualan pada hari-hari biasa, kini melonjak hingga 80%,” ungkap Rusdi di Pasar Kota Gresikk, Selasa (31/5/2016).

Menuru dia, peningkatan penjualan buah biasanya sudah dirasakan sejak setengah bulan sebelum puasa. Padahal, harga semua jenis buah mulai naik, baik buah lokal atau pun buah impor.

“Kalau buah yang impor sih paling apel, pir, kelengkeng dan anggur. Biasanya kita menerima pasokan dari Cina dan Amerika,” jelasnya.

Meski harga buah naik, para konsumen seakan tidak peduli dan tetap miliki minat tinggi membeli buah menjelang Ramadhan. Para konsumen bahksn tidak pilih-pilih antara membeli buah lokal maupun impor.

Jenis buah paling banyak peminatnya adalah salak dan jeruk. Pada hari-hari biasa, para pedagang per harinya untuk buah jeruk hanya mampu menjual 4 peti. Tetapi jelang bulan Ramadhan bisa menjual 6 sampai 8 peti per hari. (wan)