Kondisi Pasar Tradisional di Gresik Memprihatinkan

0
488 views
Pedagang di Pasar Kota Gresik meluber hingga ke area parkir. (Foto: BG/Wan)
Pedagang di Pasar Kota Gresik meluber hingga ke area parkir. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Kondisi sebagian besar pasar tradisional yang terdapat di Gresik sudah sangat memprihatinkan. Selain fasilitas atau sarana yang tidak memadai lagi, kondisi bangunan juga mulai terlihat banyak yang sudah rusak.

Pantauan BeritaGresik.com di lapangan, Selasa (31/5/2016), tampak sejumlah pedagang berjualan di halaman parkir, sehingga mengganggu pengunjung pasar yang hendak parkir kendaraannya. Selain itu, kondisi atap pasar pun bolong dan tanpak becek di los bagian belakang.

Dengan alasan itulah, tahun ini mulai dilaksanakan program revitalisasi. Pada 2016, Pemkab Gresik melalui Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan-UKM (Diskoperindag-UKM) menyiapkan anggaran sebesar Rp 14,3 miliar untuk program revitalisasi pasar tradisional.

“Memang, kondisi pasar tradisional di Gresik banyak yang sudah tidak layak, terutama bangunan dan fasilitasnya. Maklum, selama ini hanya perbaikan kecil saja, belum sampai revitalisasi,” kata M Najikh, Kepala Diskoperindag-UKM Gresik.

Secara bertahap, kata dia, mulai tahun ini bakal dilakukan revitalisasi. Dana sebesar Rp 7 miliar bakal dialokasikan untuk pembangunan Pasar Baru di Jalan Gubernur Suro.

“Pasar ini renovasi total. Dan sekarang sudah tahap persiapan untuk merelokasi para pedagang ke tempat penampungan sementara (TPS),” lanjutnya.

Setelah selesai direnovasi, pedagang lama menjadi prioritas untuk menempati bangunan pasar baru nanti. Mereka bakal dikembalikan lagi setelah menempati TPS selama proyek pembangunan berlangsung.

Selain Pasar Baru, proyek revitalisasi juga disiapkan untuk pasar Driyorejo yang dianggarkan sekitar Rp 3 miliar. Kemudian, revitalisasi pasar Giri dengan anggaran sekitar Rp 2 miliar.

“Lainnya, merupakan anggaran untuk perbaikan kecil-kecil di pasar-pasar tradisional lain,” imbuh Najikh. (wan)