Pelabuhan JIIPE Gresik Mulai Beroperasi

0
1,321 views
Foto: Istimewah
Foto: Istimewah

BeritaGresik.com – Pelabuhan Internasional Java Integrated Industri and Port Estate (JIIPE) di Gresik Jawa Timur, mulai beroperasi melayani bongkar muat logistik, Jumat (29/1/2016). Beroperasinya pelabuhan ini akan menekan biaya logistik hingga 20 persen.

Beroperasinya dermaga pelabuhan internasional di Kecamatan Manyar Gresik ini ditandai dengan berlabuhnya KMV Isa Winter yang mengangkut 9 ribu ton pupuk tujuan pelabuhan Teluk Bayur Kota Padang Sumatera Barat.

Selain KMV Isa Winter, masih terdapat 11 kapal besar dari berbagai negara yang menunggu giliran bersandar di kawasan industri terpadu dengan luas lahan lebih dari 2.900 hektar ini.

JIIPE nantinya akan memiliki seluruh kebutuhan industri yang akan dibangun secara terintegrasi dalam satu kawasan, mulai dari pelabuhan industri kereta api hingga perumahan.

Direktur Utama Pelindo III Djarwo Suryanto mengatakan, beroperasinya Pelabuhan Internasional ini diharapkan akan mampu menekan biaya logistik nasional hingga 20 persen, terutama di wilayah Jawa Timur.

Apalagi menurut dia, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sudah tidak mampu menampung banyaknya waiting list kapal yang hendak bersandar. “Dengan dioperasikan pelabuhan JIIPE ini secara perlahan waiting list kapal yang hendak bersandar bisa berkurang,” kata Djarwo.

Namun, menurut Djarwo pelabuhan yang ada di Kabupaten Gresik ini merupakan pelabuhan yang lengkap dan terintegrasi secara keseluruhan. Pengembangan pelabuhan ini juga hiharapkan bisa bermanfaat bagi warga Gresik termasuk wilayah terdampak.(wan)