Abdul Gholib, Kepala Desa yang Sukses Bisnis Beras

0
708 views
Kepala Desa Bolo yang juga pengusaha beras Abdul Gholib. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Di tengah kesibukannya menjadi kepala desa Bolo, Ujungpangkah, Gresik, Abdul Gholib masih sempat untuk menjalankan bisnis beras. Kini, usaha yang dirintisnya sejak lama itu kian berkembang.

Berbekal lahan sekitar setengah hektar, pria yang sudah menjabat sebagai kepala desa Bolo sejak tahun 2004 itu mampu mengembangkan sayap bisnis pengilingan padi. Kini omset per hari mencapai 3.5 ton.

Menurut Abdul Gholib, beras miliknya dijual dengan harga berkisar Rp 7.200 sampai Rp 8.800 per kilogram. Dengan kualitas mutu spesial itulah, dia mematenkan produk berasnya yang diberi nama cap “Ikan Mas”.

Tempat penggilingan beras Kepala Desa Bolo Abdul Gholib. (Foto: BG/As)

Saat ini beras yang dihasilkan dari mesin penggiling miliknya tidak hanya melayani kebutuhan beras di wilayah Gresik, tapi juga dikirim hingga ke luar daerah, seperti ke wilayah Blitar, Kediri dan daerah lainnya.

Sementara bahan baku beras yang diolah di penggilingan milik Gholib diperoleh dari beberapa petani di Kabupaten Gresik. Di antaranya petani di Kecamatan Panceng, Ujungpangkah dan dari Kecamatan Sidayu.

Selain mendatangkan omset yang lumayan besar bagi dirinya, usaha penggilingan beras yang dikembangkan Kades Gholib, juga turut menyumbang lapangan kerja, terutama bagi mereka yang dipekerjakan.

Produk beras cap Ikan Mas. (Foto: BG/As)

Kesuksesan yang dicapai kepala desa Bolo ini menjalankan usaha beras tidak diraih dengan mudah. Dibutuhkan kerja keras dan disiplin tinggi, terutama dalam membagi waktu melayani warga dengan berbisnis. (as)