Eni Maulani Salurkan Bantuan Alat Pembuat Tepung ke Warga Gresik

0
25 views
Anggota DPR RI Eni Maulani saat menyerahkan bantuan alat pembuat tepung kepada warga Desa Sumput, Driyorejo, Gresik. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Anggota Komisi VII DPR RI Eni Maulani menyalurkan bantuan berupa alat pembuatan tepung dari jagung kepada masyarakat di Desa Sumput, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Bantuan itu diserahkan saat menghadiri Pelatihan Teknologi Penanganan dan Pengolohan Padi dan Jagung yang digelar Direktorat Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi di Balai Desa Sumput, Driyorejo, Gresik, Kamis (28/9/2017).

Menurut Eni, bantuan alat senilai Rp 20 juta lebih tersebut untuk membantu para ibu-ibu agar memiliki kegiatan sampingan bernilai ekonomis. “Jadi, bantuan ini untuk bersama ibu-ibu di Desa Sumput,” jelas anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI asal Dapil X Gresik dan Lamongan itu.

Setelah para ibu-ibu mahir dalam membuat tepung, terang Eni, mereka nantinya juga bisa membentuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). “Dari bahan tepung jagung itu bisa dibuat ┬áberaneka macam kue,” jelasnya.

Dengan bantuan peralatan pembuat tepung jagung dan aneka kue tersebut, diharapkan para ibu-ibu di Desa Sumput, Driyorejo Gresik bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Eni berjanji jika bantuan mesin pertama itu hasilnya bagus dan bisa menumbuhkan kelompok usaha seperti UMKM, akan mengupayakan bantuan alat lagi. “Ini satu dulu bantuannya. Nanti kalau hasilnya bagus bisa ditambah,” ucapnya.

Dia menambahkan, sebetulnya bantuan peralatan dan kebutuhan lain untuk masyarakat dari pemerintah pusat sangat banyak. Namun, dinas atau Organisasi Perangakat Daerah (OPD) di Gresik dinilai kurang koperatif.

Ia mencontohkan, soal bantuan kendaraan sampah dan bak sampah. Bantuan itu sangat banyak. Karena Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik tidak koperatif akhirnya tidak dapat. ” Makanya, bantuan motor sampah dan bak sampah kami berikan ke Kabupaten Lamongan,” pungkasnya.

Saat ini dikatakan sudah ada sejumlah bantuan yang tengah diperjuangkan. Mulai penerangan jalan umum, sumur bor, perahu nelayan, mesin perahu, bantuan listrik warga tidak mampu dan lainnya. (wan)