Gus Mus: Banyak Orang Tak Mengenali Kemanusiaannya

0
638 views

BeritaGresik.com – Budayawan KH A. Mustofa Bisri yang akrab disapa Gus Mus menilai saat ini banyak orang yang tidak mengenali kemanusiaannya, terutama mereka yang berada di tataran elite.

“Pimpinan, anggota DPR, semua yang di atas harus jadi manusia dulu,” kata Gus Mus usai dialog kebangsaan bertajuk “Menjadi Orang Indonesia Yang Beragama dan Berbudaya” di Semarang, Kamis (27/8) malam.

Menurut dia, menjadi manusia adalah mengenali dirinya dengan segala sisi-sisi kemanusiaannya sehingga mampu memanusiakan orang lain dan tidak menganggap dirinya sendiri yang paling benar.

Pengasuh Pondok Pesantren Roudlotut Thalibien Rembang itu mengatakan ada orang yang menganggap manusia adalah yang seperti dirinya sendiri sehingga sama saja menganggap yang lain bukan manusia.

“Banyak yang mengatakan revolusi mental. Lalu apa yang sudah kita lakukan? Mestinya kita harus merevolusi mental seperti apa? Kalau mau berubah harus tahu dulu aslinya seperti apa,” ucapnya.

Mantan Rois Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu menekankan agar manusia memahami konsep kehidupan, seperti bagaimana melihat dunia, termasuk di dalamnya kemanusiaan dan ketuhanan. [ant/as]