Pengoperasian Bandara Bawean Masih Terkendala Izin Amdal

0
479 views

GRESIK, BeritaGresik.com – Rencana pengoperasian bandara perintis di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, masih terkendala izin analisa dampak lingkungan karena masih perlu rekomendasi dari Badan Lingkungan Hidup provinsi.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Gresik Andy Hendra Wijaya mengatakan saat ini proses Amdal sudah dilakukan Pemkab Gresik, namun masih perlu waktu, karena perlu rekomendasi dari BLH Provinsi Jatim.

Terkait masalah jalur landasan bandara sepanjang 900 meter, Andy mengaku sudah dilakukan perbaikan dan siap digunakan, namun juga masih mengalami sedikit kendala pada rencana induk pengembangan.

“Selain proses Amdal, rencana pengoperasian juga masih terkendala penyelesaian dari sisi udara bandara, dan itu menjadi kewenangan Kementerian Perhubungan,” ucapnya, Selasa (26/5).

Meski begitu, pihaknya optimistis peresmian pengoperasian Bandara Bawean tidak akan mundur dari jadwal semula, yakni sesuai dengan keinginan Pemkab Gresik yang dijadwalkan bisa beroperasi pada pertengahan Juni 2015.

“Terkait peresmian bandara, Pak Bupati, Sambari Halim Radianto dan Wabup, Mohammad Qosim akan melakukan peninjauan langsung pada tanggal 6-7 Juni 2015 dan kemungkinan akan didampingi oleh Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf,” katanya.

Rencananya pengoperasian Bandara Bawean sementara akan berada di bawah Unit Pelaksana Teknik (UPT) Bandara Sumenep, Madura yang ditunjuk langsung oleh Kementerian Perhubungan. [bisnis.com/AS]