Bupati Gresik Jamin Ketersediaan Pupuk Bersubsidi

0
244 views
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat panen raya di salah satu kaawasan di Gresik.
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat panen raya di salah satu kaawasan di Gresik.

BeritaGresik.com – Bupati Gresik Sambari Halim Radianto memastikan ketersediaan pupuk bersubsidi untuk petani di Kabupaten Gresik. Dia berharap tahun ini alokasi pupuk bersubsidi bisa bertambah.

”Tak hanya cukup, Kami berharap untuk tahun ini kami harapkan alokasinya bertambah. Mengingat selama ini upaya ekstensifikasi pertanian berhasil” kata Sambari di kantor Bupati Gresik, Kamis (28/4/2016).

Kendati saat ini luas lahan pertanian di kawasan Gresik hanya sekitar 28 ribu hektar, luas areal padi pada musim tanam tahun ini mencapai 67 ribu hektar, sehingga roduksi padi di Gresik bisa mencapai 420 ribu ton gabah kering giling.

“Hal ini memungkinkan, karena beberapa lahan pertanian di Gresik bisa panen dua kali atau tiga kali dalam satu tahun musim tanam,” tandas Sambari.

Terkait ketersediaan pupuk, Sambari menjamin selama musim tanam tahun ini petani di Kabupaten Gresik tidak akan kekurangan pupuk. Itu disampaikan Sambari di hadapan anggota Forkopimda serta 500 anggota kelompok tani di Gresik.

Dengan terjaminnya kebutuhan pupuk bersubsidi untuk sektor pertanian, produksi pertanian terutama padi diharapkan bisa lebih ditingkatkan.

Jumlah total alokasi pupuk bersubsidi kabupaten Gresik tahun ini yaitu pupuk urea 27.282 ton, pupuk SP3 6.947 ton, pupuk ZA 3.117, pupuk phonska 14.301 dan pupuk organic 11.243 ton. (wan)