Bisnis Terang Bulan Durian, Rico Raup Omzet Puluhan Juta

0
846 views
Riko Wahyu Nugroho, pria asal Kebomas Gresik reguk omset hingga Rp 20 juta/bulan dari bisnis kue terang bulan durian. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Memulai bisnis baru tidak selalu membutuhkan modal besar. Berbekal  kejelian, inovasi dan kemauan keras, peluang bisnis bisa ditemukan dan menjadi penghasilan yang menjanjikan.

Hal itu dibuktikan oleh Rico Wahyu Nugroho (25), pemuda asal Perumahan di Desa Kedanyang, Kecamatan Kebomas, Gresik. Pemuda lulusan SMA Negeri 1 Kebomas ini mulai merintis bisnis kuliner dengan bahan dasar buah durian.

Semula, anak bungsu dari tiga bersaudara ini sempat ragu untuk memulai bisnisnya. Namun, setelah banyak konsumen yang antusias terhadap bisnis kulinernya, Rico pun memutuskan meningkatkan produksi olahan kue terang bulan durian tersebut.

“Awalnya hanya memproduksi 2 pack dalam sehari, tapi permintaan konsumen kian hari kian bertambah. Alhamdulillah, sekarang saya bisa memproduksi 30 sampai 40 pack dalam sehari,” kata Rico kepada BeritaGresik.com, Selasa (27/12/2016).

Kue terang bulan durian. (Foto: BG/Wan)

Melalui bisnis kue terang bulan durian, kini mantan buruh pabrik itu mampu menjadi seorang pebisnis yang memiliki omset puluhan juta rupiah. Baru 5 bulan memulai bisnis kulinernya, omset yang ia peroleh per bulannya bisa mencapai Rp 20 juta.

“Rata-rata omsetnya bisa antara Rp 15Juta hingga Rp 20 juta selama sebulan dari total pesanan sekitar 800-900 pack,” ujar Rico sambil tersenyum.

Tidak dipungkiri Rico, keberhasilannya menjalani bisnis kuliner itu lantaran dirinya paham betul akan selera konsumen, khususnya di kalangan perempuan yang suka dengan buah durian. Karena itu, dirinya sengaja berinovasi memadukan terang bulan dengan buah durian.

Sehingga, rasanya pun sedikit berbeda dari terang bulan pada umumnya. Kini, terang bulan durian buatannya telah menjadi buruan kaum hawa di Kota Santri Gresik.

“Selama ini kosumen yang memesan kebanyakan dari kalangan perempuan sih. Seperti, siswi sekolah, mahasiswi kampus dan Ibu-ibu rumah tangga hingga karyawan perusahaan,” ucap pemuda yang masih bujang ini.

Salah seorang pelanggan Intan Sofiani (21), mengaku hampir setiap minggu dirinya memesan 3-4 Pack. Semula Intan memang tidak begitu menyukai terang bulan. Namun, karena ada campuran rasa duriannya ia mengaku ketagihan.

“Suka banget karena ada perpaduan rasa durian. Rasanya seperti menikmati pancake durian, tapi nikmatnya lebih dari itu. Tidak masalah meski merogoh saku kuliah tiap minggunya, karena sesuai dengan rasanya,“ tutur Intan, mahasiswi penikmat durian.

Kue terang bulan durian yang diberi nama TERADJANA (Terang Bulan Durian Lumer) ini memiliki 4 varian rasa. Mulai Rasa duren keju, duren coklat, duren selai coklat dan kacang, serta duren original. Harganya pun dijual antara Rp 35Ribu hingga Rp 50Ribu untuk setiap pack yang berisi 10 potong.

Saat ini, Rico tengah berupaya membangun kedai demi kelancaran bisnis kulinernya. Sebab, selama ini ia hanya melayani para konsumennya melalui media sosial seperti Facebook dan Instagram. (wan)