Ada Ratusan Perusahaan Besar di Gresik Belum Disensus

0
20 views
Ekspose data Badan Pusat Statistik Kabupaten Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gresik, Endang Sulastri menyatakan, bahwa sampai sekarang masih ada 220 perusahaan besar di Kabupaten Gresik yang belum berhasil disurvei.

Keberadaan ratusan perusahaan yang belum disensus itu disampaikan Endang dalam sosialisasi Data Statistik Dalam Rangka Peringatan Hari Statistik Nasional tahun 2017 di Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG), Selasa (26/9/2017).

Pada Kesempatan itu Kepala BPS Gresik Endang Sulastri menyampaikan terima kasih atas Keberhasilan pelaksanaan Sensus ekonomi lanjutan. “Saat ini pelaksanaan sensus ekonomi lanjutan di Gresik mencapai 94,98%,” ungkapnya.

Endang menjelaskan, awalnya ada sekitar 700 perusahaan yang belum berhasil disensus, tapi atas bantuan Pemkab Gresik saat ini tinggal 220 perusahaan besar yang belum berhasil di sensus.

Untuk itu, Pemkab Gresik menyatakan kesiapannya membantu memfasilitasi sensus ekonomi lanjutan yang akan dilaksanakan oleh BPS. Bantuan itu dirasa penting, karena hasil sensus diperlukan untuk pengambilan kebijakan Pemerintah.

“Melalui Dinas yang ada, misalnya melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Kami akan membantu untuk memfasilitasi pelaksanaan survey kepada Perusahaan tersebut,” kata Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim.

Ketua DPC PKB Kabupaten Gresik itu juga mengaku mendapati angka kemiskinan di Kabuoaten Gresik sebesar 13,48% dari data BPS. “Dari data itu kami bisa melakukan program apa saja untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat” ujarnya.

Terkait adanya program baru BPS, yaitu survei resiko terorisme, Qosim menyatakan siap mendukungnya. Dia meminta pihak BPS Gresik untuk berkoordinasi dengan pihak Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik.

“Untuk antisipasi terorisme, bagi Pemkab Gresik yaitu pendataan dan seleksi orang asing. Pengamanan dan penjagaan pelabuhan,”paparnya. (as)