Petrokimia Raih Business Innovation Award 2016

0
413 views
PT Petrokimia Gresik raih penghargaan kategori fertilizer industry dari Warta Ekonomi. (Foto: Istimewa)
PT Petrokimia Gresik raih social business innovation award 2016 dari Warta Ekonomi. (Foto: Istimewa)

BeritaGresik.com – PT Petrokimia Gresik meraih penghargaan kategori fertilizer industry untuk program pemberdayaan usaha tani dari majalah Warta Ekonomi, Kamis (25/8/2016).

Perusahaan plat merah ituĀ meraih Social Business Innovation Award berkat inovasi yang dilakukan selama 2016. Penghargaan diserahkan founder Warta Ekonomi Fadel Muhammad ke Manager Humas PT Petrokimia, Yusuf Wibisono.

Penilaian dilakukan pada perusahaan yang punya inovasi program sosial, serta patuh pada aturan terkait isu lingkungan antara lain proper, index sustainable and responsible investment keanekaragaman hayati dan industri hijau.

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menekankan kepada seluruh pelaku industri untuk memprioritaskan kegiatan sosial dan lingkungan yang memiliki dampak luas (multiply effects).

“Kami mendorong kepada pelaku industri agar seluruh kegiatan terkait sosial, dan lingkungan dimuat dengan baik di dalam sustainability report setiap tahunnya. Sebab, laporan ini sangat diperhatikan pelaku industri dan pasar,” ujarnya.

Dirut PT Petrokimia Gresik, Nugroho Christijanto menuturkan, apresiasi ini merupakan bentuk dari pihak luar terhadap komitmen perusahaan dalam menerapkan inovasi sosial guna menyelaraskan perkembangan bisnis.

“Kami memang berkomitmen agar masyarakat, mulai dari konsumen, petani, dan juga masyarakat sekitar perusahaan, bisa maju selaras dengan perkembangan perusahaan,” tuturnya.

Ia menambahkan, trend pertumbuhan industri di Indonesia yang terus meningkat memiliki sejumlah dampak. Adapun dampak positifnya adalah bahwa pertumbuhan industri turut berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Namun demikian, tak dapat dipungkiri bahwa industri juga menimbulkan dampak lain di bidang lingkungan dan sosial.

“Penerapan program terkait isu sosial dan lingkungan, utamanya yang memiliki dampak luas kepada masyarakat, merupakan investasi sosial yang telah terbukti berkontribusi positif terhadap kinerja perusahaan,” ucapnya. (zr)