Ada Rombong Kejujuran di Gresik, Pembeli Ambil dan Bayar Sendiri

0
638 views
Wiwik Rahayu saat sedang mengisi ulang barang dagangannya di rombong kejujuran (Foto By: Kompas/Hamzah Arfah)

BeritaGresik.com – Keberadaan gerobak yang dipenuhi makanan dengan harga Rp 5.000 di depan Pasar Sidayu, Kecamatan Sidayu, Gresik, terbilang unik. Tidak ada seorang pun yang menjaga tempat jualan yang diberi nama Rombong Kejujuran ini.

Di tempat jualan itu, para pembeli bisa mengambil sendiri makanan yang diinginkan, lalu membayarnya pada kotak yang telah disediakan oleh si penjual.

Rombong kejujuran menjual beragam aneka jajanan krupuk seperti bonggolan (bahan kerupuk), kerupuk jadi, hingga kerupuk jadi yang sudah dikemas.

“Sudah ada sejak tiga minggu yang lalu. Tidak pernah ditunggu oleh pemiliknya, hanya sesekali saja dilihat untuk mengisi stok barang dagangannya serta ambil uangnya,” kata Ade Heri (30), penjual cincau, dilansir kompas.com, Rabu (21/12/2016).

Ade yang berjualan disamping Rombong kejujuran menuturkan, pemilik rombong kejujuran itu biasanya datang melihat pada siang hari. Kadang yang melihat adalah wanita, terkadang juga seorang pria.

“Tapi yang pasti, saat pagi hari saat saya juga sedang menata dagangan saya, rombong kejujuran itu juga ditata oleh pemiliknya. Pada sore hari, kembali ditepikan oleh pemiliknya agar tidak sampai mengganggu aktivitas jalan,” kata dia.

Rombong kejujuran itu milik Muhammad Khoirudin dan Wiwik Rahayu, warga Desa Mriyunan Tengah RT1/RW2, Kecamatan Sidayu, Gresik.

Gerobak ini biasa mangkal di sekitar alun-alun Sidayu, atau tepatnya berada di depan pintu masuk-keluar Pasar Sidayu.

“Saya amati lumayan ramai juga pembelinya. Setiap pembeli biasanya memasukkan uangnya ke kotak yang sudah disediakan,” ujar Suwarno (58), pemilik toko di depan rombong kejujuran. (kompas/hamzah f/zr)